Ini Bukti Nyata Kalau Jokowi Sama Sekali Tak Persoalkan Golkar, PAN, dan PPP Bentuk KIB

Jumat, 17 Juni 2022 | 08:40 WIB
Ketum Parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu. Sumber: Detik.com Ketum Parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu. Sumber: Detik.com

RIAU24.COM - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin membeberkan bukit jika Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bukanlah suatu masalah bagi Presiden RI Joko Widodo.

Dibuktikan ketika Jokowi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) DPP Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai menteri perdagangan (Mendag) menggantikan M Lutfi.

Pendahulunya, Ketum Golkar Airlangga Hartarto sebagai menteri koordinator (menko) perekonomian dan Ketum PPP Suharso Monoarfa menjabat menteri PPPN/kepala Bappenas dikutip dari republika.co.id, Jumat, 17 Juni 2022.

Baca Juga: Cuma 3 Kader Ini yang Penuhi Kriteria Capres 2024 PDIP, Siapa?

"KIB itu kan terbentuk tidak mungkin tanpa seizin Presiden Jokowi. Kita tahu bahwa KIB dibentuk kan Ketum Golkar (Airlangga) dan Ketum PPP (Suharso)  itu menjabat sebagai menteri anak buah presiden," sebutnya.

Setiap pergerakan yang dilakukan oleh anak buahnya pasti Jokowi ikut memantaunya. Termasuk soal langkah dari ketua umum partai politik menuju Pemilu 2024.

"Sesuatu apa saja pasti izin, apalgi terkait dengan persoalan pilitik. Saya melihat itu merestui, mengizinkan terbentuknya KIB itu dari Presiden Jokowi,” urai Ujang.

Baca Juga: Gubernur Ini Masuk Usulan Bursa Capres PAN dari Sumatara-Sulawesi, Siapa?

Artinya, pembentukan KIB adalah sebuah langkah politik yang amat positif. Terbukti Jokowi tidak mempermasalahkannya.

"Saya melihat bukan hanya sesuatu yang positif bagi Jokowi. Karena bagaimanapun KIB kelihatannya akan terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Jokowi hingga 2024 nanti,” sebut Ujang.

PenulisR24/azhar


Loading...

Loading...