Hari Ini PKS Bahas Peluang Koalisi Hingga Capres 2024

Senin, 20 Juni 2022 | 06:28 WIB
Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Sumber: Jawapos.com Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Sumber: Jawapos.com

RIAU24.COM - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS Bidang Humas Ahmad Mabruri mengatakan, dalam dua hari kedepan, PKS akan membicarakan mengenai pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Tak hanya itu, mereka juga akan melakukan penjajakan dengan partai lain untuk membentuk koalisi guna mengusung pasangan calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) mendatang dikutip dari kompas.com, Senin, 20 Juni 2022.

Serta mengerucutkan persiapan PKS dalam menjajaki koalisi Pilpres termasuk persiapan Pemilihan Anggota Legislatif 2024.

Baca Juga: Apa Hasil Pertemuan Antara Jokowi dan Presiden Ukraina Zelensky?

Penjajakan itu nantinya akan diikuti seluruh jajaran DPP PKS dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS seluruh provinsi se-Indonesia.

Kata Mabruri, upaya ini dilakukan dalam gelaran Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) mulai Senin, 20 Juni 2022 hingga, Selasa 21 Juni 2022, di Hotel Sahid, Jakarta.

"Posisi PKS harus koalisi sehingga setelah Milad (ulang tahun) ke-20 PKS yang lalu kita cukup intens menjalin komunikasi dengan beberapa partai," ujarnya.

Dalam Rapimnas itu juga, PKS akan menentukan kriteria calon presiden dan kriteria calon mitra koalisi di dalam rapat pimpinan nasional 2022 ini.

Bagi PKS, kesamaan pandangan merupakan bagian penting yang diperlukan untuk membangun sebuah koalisi yang kuat.

Baca Juga: Rocky Gerung: Dukungan Sunny Tanuwidjaja adalah  'Jebakan Batman' Untuk Tenggelamkan Anies                         

"Bisa saja capres-cawapres yang diusung koalisi yang nanti diikuti PKS kriterianya menyesuaikan dengan visi koalisi yang terbangun," kata Mabruri.

"PKS masih terbuka dengan semua kemungkinan termasuk dengan semua partai politik dalam menentukan mitra koalisi," ujar dia.

PenulisR24/azhar


Loading...

Loading...