Mahfud MD Mau Angka Presidential Threshold Menjadi 4%, Alasannya...

Jumat, 24 Juni 2022 | 08:37 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. Sumber: Internet Menko Polhukam Mahfud MD. Sumber: Internet

RIAU24.COM - Menko Polhukam Mahfud MD memberberkan usulan angka presidential threshold atau untuk pengajuan bakal calon presiden atau capres. Katanya, angka pilihannya bukan 20 persen atau 0 persen.

Angka pilihannya adalah 4 persen. Hal ini disampaikannya melalui akun Twitter miliknya @mohmahfudmd, Jumat, 24 Juni 2022.

"Saya pastikan Rizal Ramli salah. Dia memang pernah ke rumah dan bilang akan menggugat presidental threshold 0 persen ke MK," sebutnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dapat Kejutan dari Prabowo, Apa?

"Saya bilang silakan, bagus kalau MK mau memutus begitu. Tapi saya tak setuju 0 persen maupun 20 persen. Yang saya setuju dan sudah pernah usulkan di DPR adalah 4 persen," ujarnya.

Alasan dia mendukung presidential threshold 4 persen karena UUD 1945 mengatur bahwa pasangan capres/cawapres diajukan oleh partai politik (parpol) atau gabungan parpol peserta pemilu yang diatur dengan UU.

Dia mengusulkan agar yang boleh mengusung capres-cawapres adalah parpol yang sudah memiliki kursi di DPR yakni mereka yang mencapai ambang batas parlemen 4 persen.

Baca Juga: Kala Gerindra dan PKB Dinilai Belum Kantongi Seluruh Syarat Koalisi

Bagi dia angka 4 persen itu adalah bukti nyata partai tersebut didukung rakyat.

"Saya usul agar parpol yang boleh mengusung pasangan adalah parpol yang sudah punya kursi di DPR yakni mencapai parliamentary threshold 4 persen. 4 persen adalah bukti resmi punya dukungan rakyat," ujarnya.

PenulisR24/azhar


Loading...

Loading...