AirNav Ungkap Kronologi Kecelakaan Pesawat Susi Air di Timika

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:29 WIB
AirNav ungkap kronologi pesawat Susi Air alami kecelakaan/Ilustrasi (AFP/ROMEO GACAD) AirNav ungkap kronologi pesawat Susi Air alami kecelakaan/Ilustrasi (AFP/ROMEO GACAD)

RIAU24.COM Pesawat Susi Air mengalami kecelakaan pada Kamis (24/6/2022) pada penerbangan rute Timika-Duma.

Kejadian tersebut terjadi ketika pesawat telah sampai di Timika, Papua.

PT AirNav Indonesia dengan sigap mengungkap kronologi kecelakan yang dialami Susi Air yang mengangkut 7 orang tersebut. AirNav melaporkan bahwa seluruh penumpang dan kru yang ada dalam penerbangan Susi Air menuju Timika selamat.

Baca Juga: Resmi! Indonesia Tidak Ambil Tambahan 10.000 Kuota Haji 2022, Ada Apa?

Setelah kejadian, seluruh stakeholder yang berkolaborasi menemukan kondisi kru dan penumpang lalu dievakuasi.

"Berkat kolaborasi yang baik dari semua pihak, seluruh kru dan penumpang pesawat PK-BVM dapat ditemukan dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi ke rumah sakit Timika," ujarnya dikutip melalui kompascom pada Jumat (24/6/2022).

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi menjelaskan mulanya pesawat Susi Air tipe Pilatus Porter PC-6 dengan nomor registrasi PK-BVM berangkat dari Bandara Moses Kilangin ke Duma.

Setelah pesawat tersebut lepas landas dari Timika pada pukul 05.32 waktu setempat dan diperkirakan pesawat akan sampai di Duma pada pukul 05.49 WITA.

Saat lepas landas, laporan kondisi cuaca yang saat itu cerah membawa 6 orang penumpang dan 1 kru namun, Namun tak lama setelah itu pihak AirNav mendapatkan informasi terkait kecelakan dan menindak lanjuti laporan tersebut dengan penetapan kondisi darurat dan koordinasi intens bersama Basarnas Timika, Lanud TNI AU Timika dan penerbangan lain yang sedang beroperasi pada rute sekitar.

"Berdasarkan informasi lanjutan, disampaikan bahwa PK-BVM ditemukan dalam kondisi crash (kecelakaan) sekitar 3 NM (5 kilometer) dari Duma," jelasnya.

Baca Juga: Buntut Promosi Berbau SARA, Rating Holywings di Google Turun Drastis

Hal tersebut pun diberitakan oleh pemilik pesawat yakni mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melalui akun Instagramnya.

"Berita duka: Pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Houzet dan 6 penumpang pagi ini mengalami Kecelakaan di Rute Timika-Duma," tulis Susi di akun Twitter @susipudjiastuti pada Kamis (23/6/2022).*

 

PenulisR24/hilda


Loading...

Loading...