Bahaya Menggunakan VPN, Ternyata Bisa Memantau Aktivitas Pengguna

Minggu, 26 Juni 2022 | 19:58 WIB
Ilustrasi(pixabay/@StefanCoders) Ilustrasi(pixabay/@StefanCoders)

RIAU24.COM - Tahukah kamu apa itu VPN? jaringan yang bisa mengakses banyak halaman website ini sangat populer dikalangan remaja ataupun pekerja dalam bidang digital. Namun, dalam penggunaan VPN ternyata ada bahaya yang mengintai.

Menurut beberapa sumber, VPN adalah jaringan pribadi maya yang dapat memperluas jaringan publik dan memungkinkan pengguna untuk mengirim bahkan menerima data di jaringan bersama. Seolah-olah perangkat komputasi mereka telah terhubung langsung ke jaringan pribadi.

Baca Juga: Ilmuwan China Menemukan Radiasi 6G Dapat Meningkatkan Ukuran Sel-sel Otak

VPN dapat menyembunyikan lokasi pengguna dan mengubah alamat IP mereka  ke negara sesuai server yang ditempatkan.

Tapi, banyak bahaya yang mengintai dalam penggunaan VPN gratis melalui PC ataupun smartphone anda. Simak 3 bahaya yang mungkin terjadi dalam penggunaan VPN.

Mengancam keamanan perangkat

Bahaya utama yang bisa terjadi ketika menggunakan layanan VPN adalah keamanan perangkat. Artinya pengguna VPN memiliki risiko peretasan. Itu terjadi jika dilakukan menggunakan VPN dengan metode gratis yang telah terinfeksi virus.

Parahnya, VPN gratis bahkan bisa merekam data pribadi kamu seperti lokasi dan tipe gadget yang digunakan. Setelah hal itu terjadi, memungkinkan tindak kejahatan melakukan penipuan dengan meminta lebih detail mengenai alamat email, nomor ponsel hingga data penting lainnya.

Memantau aktivitas pengguna

VPN gratis banyak ditemukan di pencarian google maupun google play.

Namun, tidak ada yang bisa bertanggung jawab atas semua yang terjadi ketika menggunakan VPN termasuk adanya pemantauan aktivitas dari oknum penjahat layanan.

Selanjutnya, VPN gratis juga bisa melakukan pembajakan melalui aplikasi yang anda buka saat terhubung dengan VPN tersebut. Risikonya bahkan bisa mencapai data transaksi dan data sosial media.

Penurunan koneksi internet

Menurut pengertiannya, VPN adalah jaringan yang terbuka untuk publik dan biasanya digunakan lebih dari ratusan orang dengan kepentingan yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat koneksi internet asli pada seseorang akan semakin melambat.

Baca Juga: YouTube Berencana Meluncurkan Toko Streaming Online Sendiri

Diketahui, penyedia layanan VPN gratis memiliki aturan kecepatan internet yang standar dalam paket gratisan. Secara sengaja, ketika server semakin jauh dari lokasi saat ini maka akan menurunkan tingkat kecepatan internet.

Inilah beberapa bahaya penggunaan VPN yang harus dipahami para pengguna layanan internet. Diperlukan kebijakan untuk memilih penyedia layanan VPN mana yang terpercaya dan memiliki tindak lanjut jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.*

PenulisR24/hilda


Loading...
Loading...