Apa Itu Cerebral Palsy? Penyakit yang Diderita Anak dari Ibu yang Viral Minta Ganja Medis di CFD

Senin, 27 Juni 2022 | 08:31 WIB
Ibu dari anak yang mengidap penyakit cerebral palsy /twitter: @andienaisyah Ibu dari anak yang mengidap penyakit cerebral palsy /twitter: @andienaisyah

RIAU24.COM Cerebral Palsy sempat trending di dunia maya karena seorang ibu yang viral usai penyanyi Andien mengunggah sebuh foto yang menampakkan seorang ibu membawa sebuah poster pada saat CFD (Car Free Day) di twitternya.

Dalam poster yang dipegang oleh sang ibu tertulis permintaan dirinya untuk mendapatkan ganja medis bagi anaknya yang mengidap penyakit Cerebral Palsy.

Pencarian kata Cerebral Palsy langsung menggila di pencarian google dan banyak sekali yang mencari perihal penyakit ini.

Untuk itu dalam artikel ini akan dijelaskan tentang penyakit Cerebral Palsy dan hubungannya dengan ganja medis.

Baca Juga: Bubuk Ajaib Untuk Menurunkan Berat Badan: 1 Campuran Bubuk Ajaib Ini Dapat Membantu Anda Mengurangi Berat Hingga Beberapa Kilogram

Apa Itu Cerebral Palsy?

Cerebral Palsy adalah sekelompok gangguan yang mempengaruhi gerakan dan tonus otot atau postur. Ini disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada otak yang belum matang dan berkembang, paling sering sebelum lahir.

Tanda dan gejala muncul selama masa bayi atau prasekolah. Secara umum, cerebral palsy menyebabkan gangguan gerakan yang berhubungan dengan refleks yang berlebihan, kelenturan anggota badan, postur yang tidak biasa, gerakan yang tidak disengaja, berjalan tidak stabil, atau beberapa kombinasi dari semuanya.

Orang dengan cerebral palsy dapat mengalami kesulitan menelan dan umumnya memiliki ketidakseimbangan otot mata, di mana mata tidak fokus pada objek yang sama. Mereka mungkin juga telah mengurangi rentang gerak di berbagai sendi tubuh mereka karena kekakuan otot.

Apa Penyebab dari Cerebral Palsy?

Penyebab cerebral palsy dan pengaruhnya terhadap fungsi tubuh sangat bervariasi. Beberapa orang dengan cerebral palsy bisa berjalan tetapi ada juga yang membutuhkan bantuan. Beberapa orang memiliki cacat intelektual, tetapi yang lain tidak. Epilepsi, kebutaan atau tuli juga dapat terjadi. Cerebral palsy adalah gangguan seumur hidup. Tidak ada obatnya, tetapi pengobatan dapat membantu meningkatkan fungsi.

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan Mental yang Mempengaruhi Berat Badan Anda

Gejala

Tanda dan gejala cerebral palsy dapat sangat bervariasi dari orang ke orang. Cerebral palsy dapat mempengaruhi seluruh tubuh, atau mungkin terbatas terutama pada satu atau dua anggota badan, atau satu sisi tubuh. Umumnya, tanda dan gejala termasuk masalah dengan gerakan dan koordinasi, bicara dan makan, perkembangan, dan masalah lainnya.

Gangguan otak yang menyebabkan cerebral palsy tidak berubah dari waktu ke waktu, sehingga gejala biasanya tidak bertambah buruk seiring bertambahnya usia. Namun, seiring bertambahnya usia anak, beberapa gejala mungkin menjadi lebih atau kurang jelas. Dan pemendekan otot dan kekakuan otot dapat memburuk jika tidak ditangani secara agresif.

Kapan sebaiknya pergi ke dokter?

Sangat penting untuk mendapatkan diagnosis yang cepat untuk gangguan gerakan atau keterlambatan perkembangan anak anda. Temui dokter anak anda jika anda memiliki kekhawatiran tentang episode kehilangan kesadaran terhadap lingkungan atau gerakan tubuh atau otot yang tidak biasa, gangguan koordinasi, kesulitan menelan, ketidakseimbangan otot mata, atau masalah perkembangan lainnya.

Apa hubungannya Cerebral Palsy dengan ganja medis?

Cerebral palsy dan ganja medis mungkin berguna dalam mengelola kejang parah dan epilepsi. Penelitian tentang penggunaan ganja medis pada cerebral palsy masih terbatas. Temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa ganja menawarkan sejumlah manfaat, termasuk pengendalian rasa sakit, pengurangan gerakan kejang, pengurangan kejang, dan banyak lagi.

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...