Dua Penjaga Perdamaian PBB Tewas, 5 Lainnya Terluka Dalam Serangan Mali

Rabu, 06 Juli 2022 | 11:01 WIB
Foto : IndiaTimes Foto : IndiaTimes

RIAU24.COM - Dua penjaga perdamaian PBB tewas dan lima lainnya terluka parah oleh bom rakitan di Mali utara, kata misi penjaga perdamaian PBB. Insiden itu terjadi antara desa Tessalit dan kota Gao pada hari Selasa, Olivier Salgado, juru bicara Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi PBB di Mali (MINUSMA), mengatakan dalam sebuah tweet.

Baca Juga: BlockBerryCreative Keluarkan Petisi untuk Penangguhan Aktivitas Chuu di Televisi

Ketidakamanan telah tumbuh di negara Afrika Barat itu sejak kelompok-kelompok bersenjata yang berakar di utara yang gersang satu dekade lalu meningkatkan serangan dan merebut wilayah. Bulan lalu, 132 warga sipil tewas di desa Diallassagou, Diaweli dan Dessagou, di wilayah Mopti tengah Mali.

Pemberontak, beberapa memiliki hubungan dengan al-Qaeda dan kelompok ISIL (ISIS), telah mendapatkan momentum meskipun kehadiran pasukan asing dan penjaga perdamaian PBB.

Baca Juga: Lee Yi Kyung Dapat Tawaran Jadi Pemeran di Webtoon Ternama 'Marry My Husband'

Prancis, yang sebelumnya mengerahkan pasukan di sana selama bertahun-tahun dengan hampir tidak ada perbaikan dalam keamanan, telah menarik mereka di tengah pertikaian dengan Mali, bekas jajahannya.

Konflik tersebut telah menewaskan ribuan orang dan membuat jutaan orang mengungsi di seluruh wilayah Sahel di selatan Sahara.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...