Mahasiswa Kukerta Integrasi 2022 Unri Gelar Program Pembuatan Rumah Bibit untuk Mitra KWT RW 06 Sidomulyo Timur

Sabtu, 23 Juli 2022 | 21:31 WIB
Mahasiswa Kukerta Unri bersama DPL dan masyarakat sekitar Mahasiswa Kukerta Unri bersama DPL dan masyarakat sekitar

RIAU24.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta)  Universitas Riau (Unri) melaksanakan pengabdian dengan membuat rumah bibit  bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Prof. Dr Yustina., M. Si di lahan Mitra Kelompok Wanita Terpadu RW 06 Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Baca Juga: Mahasiswa Kukerta Unri Sosialisasi Stunting di Kelurahan Sungai Piring Inhil

Dalam Pengabdian Kukerta Integrasi Universitas Riau, salah satu program yang dilaksanakan adalah pembuatan Rumah Bibit yang bertujuan sesuai tema program, yaitu Edukasi Pengelolaan Lingkungan Berbasis Kemitraan Proklim (Program Kampung Iklim).

Seperti diketahui, salah satu bentuk pengelolaan lingkungan dalam perubahan iklim ialah dengan meningkatkan bahan pangan. Rumah bibit menjadi solusi agar masyarakat dapat mengambil bibit dan bisa menanam di rumah masing-masing dan tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat. Dalam kegiatan pengabdian ini, menghasilkan 1 rumah bibit yang terbuat dari besi.

"Kenapa tidak dari kayu, karena besi mempunyai keunggulan tersendiri, bahannya yang anti rayap dan tahan dari segala cuaca" ungkap Prof. Dr. Yustina. M. Si selaku DPL Kukerta Integrasi.

“Kami sangat senang melaksanakan pengabdian dengan membuat rumah bibit ini, karena dari 1 rumah bibit bisa melahirkan banyak bibit yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat yang akan mengambil bibit di rumah bibit ini, dan kami juga menjadikan limbah botol bekas sebagai wadah media tanam untuk menanam benih di rumah bibit ini" ujar Arrul Firmansyah salah satu Mahasiswa Kukerta Integrasi Unri.

Baca Juga: Mahasiswa KKN Balek Kampung di Rantau Panjang Beri Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Kulit Pisang

Hasil dari kegiatan ini diharapkan bertambahnya Ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam membuat rumah bibit, dan mengetahui berapa pentingnya memanfaatkan barang bekas non organik agar tidak dibuang begitu saja.**

PenulisR24/wira


Loading...
Loading...