Taukah Kamu! Buah dan Sayur Ini Cocok Untuk Penderita Maag, Yuk Cek Penjelasannya

Rabu, 03 Agustus 2022 | 10:49 WIB
Ilustrasi/alodokter Ilustrasi/alodokter

RIAU24.COM - Di dalam medis, sebenarnya tidak ada istilah maag, maag sendiri adalah bahasa awam untuk gambaran ketidaknyamanan di bagian pencernaan hal itu ditandai dengan adanya nyeri di ulu hati, sering mual, bersendawa, dan lain sebagainya.

Untuk penyakit yang mendekati sakit maag di dunia medis adalah gastritis. Penyakit tersebut merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya peradangan di lapisan lambung, hal tersebut bisa terlihat secara jelas melalui endoskopi.

Baca Juga: Viral! Nasi Basi Setelah 30 Menit Dipindahkan ke Rice Cooker, Koki Ini Beri Penjelasan

TauKah Kamu! Buah dan Sayur Ini Cocok Untuk Penderita MaagGangguan asam lambung memayungi berbagai penyakit pencernaan terkait produksi cairan asam, yang umum yaitu gastritis dan GERD yang sama-sama menimbulkan maag salah satu kiatnya, perhatikan konsumsi buah untuk gangguan asam lambung, dikutip dari Alodokter, Selasa (2/8).

Maag sendiri merupakan sekumpulan gejala yang meliputi perut mual, mulas, kembung, dan panas di dada hingga tenggorokan (heartburn).

Tak hanya itu, sakit maag juga dapat disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, dan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas.

Bila gejala sakit maag sering kambuh atau semakin memburuk, hal ini dapat menyebabkan komplikasi berbahaya, seperti kanker lambung oleh karena itu, apabila Anda menderita sakit maag salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan memperhatikan kembali makanan yang boleh dikonsumsi untuk penyakit maag.

Siapa sangka buah sayur yang Anda konsumsi bisa ikut berperan dalam mencegah maag. Berikut Riau24 rangkum dari berbagai sumber.

1. Pisang 

Pisang baik bagi penderita asam lambung dan maag karena tingkat keasamannya cukup lemah, yakni dengan kadar pH sekitar 4,5 – 5,2.

Mengonsumsi buah pisang dipercaya dapat membantu menetralisasi asam lambung sekaligus meringankan gejala maag.

2. Apel 

Apel termasuk satu dari beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi bagi pengidap asam lambung tinggi ini karena selain kaya akan kandungan serat, buah apel juga merupakan sumber kalsium, magnesium, serta kalium yang baik.

Baca Juga: 5 Jenis Bahan Makanan Ini Bisa Membantu Anda Kentut Dengan Mudah, Yuk Cek Jenisnya!

3. Jahe 

Salah satu tumbuhan herbal yang mudah ditemukan di rumah dan dapat menjadi obat alami untuk mengatasi gejala sakit maag adalah jahe berbagai studi menunjukkan bahwa jahe bermanfaat untuk meringankan gejala mual dan muntah, serta meredakan iritasi lambung akibat sakit maag.

4. Sayuran Hijau 
Mengonsumsi sayuran memang dianjurkan bagi penderita sakit maag karena makanan ini baik untuk mengurangi asam lambung.

Ada beberapa jenis sayuran yang baik dikonsumsi sebagai makanan untuk penyakit maag, di antaranya asparagus, kembang kol, kacang panjang, seledri, bayam, dan mentimun.

(***)(rsm)

PenulisR24/zura


Loading...

Terpopuler

Loading...