Pria Ingin Tingkatkan Kadar Hormon Testosteron, Cobalah Rutin Konsumsi Makanan Pedas!

Kamis, 04 Agustus 2022 | 10:24 WIB
Potret Makanan Pedas yakiti Ceker Setan yanh Banyak digemari Masyarakat Indonesia/merdeka.com Potret Makanan Pedas yakiti Ceker Setan yanh Banyak digemari Masyarakat Indonesia/merdeka.com

RIAU24.COM - Testosteron merupakan hormon seks pria yang lebih dari 95 persen diproduksi di testis dan 6 hingga 7 miligram dikeluarkan setiap harinya.

Pria dengan hormon testosteron tinggi berkaitan dengan perilaku pengambilan risiko dan dorongan seks yang meningkat.

Baca Juga: Viral! Nasi Basi Setelah 30 Menit Dipindahkan ke Rice Cooker, Koki Ini Beri Penjelasan

Tingkat hormon testosteron yang tinggi juga menyebabkan perilaku yang lebih agresif dan mudah tersinggung, memicu jerawat lebih banyak, kulit berminyak dan masalah kesehatan lain, seperti sleep apnea.

Mereka yang memiliki hormon testosteron rendah mungkin bisa meningkatkan kadarnya dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Sebelumnya, Anda harus tahu bahwa testosteron adalah hormon seks pria yang berperan dalam kesuburan, fungsi seksual, kesehatan tulang dan massa otot.

Hormon testosteron ini diperlukan dalam diri seorang pria karena berbagai alasan, seperti:

  • Perkembangan penis dan testis
  • Pendalaman suara selama masa pubertas
  • Munculnya rambut wajah dan kemaluan saat pubertas hingga memicu kebotakan
  • Ukuran dan kekuatan otot
  • Pertumbuhan dan kekuatan tulang
  • Gairah seks atau libido
  • Produksi sperma

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, konsumsi makanan pedas dan hubungannya dengan testosteron endogen sedang diselidiki.

Penelitian ini melibatkan 114 pria usia antara 18-44 tahun. Mereka diminta untuk menunjukkan preferensinya tentang makanan pedas dan diminta untuk makan kentang tumbuk dengan saus lada dan garam sebelum mengevaluasi kepedasan makanan.

Para peneliti menemukan korelasi positif antara testosteron saliva endogen dan jumlah saus pedas yang dikonsumsi peserta secara sukarela dan spontan.

Sebaliknya, tidak ada hubungan yang diamati antara testosteron dan preferensi untuk makanan asin.

Baca Juga: 5 Jenis Bahan Makanan Ini Bisa Membantu Anda Kentut Dengan Mudah, Yuk Cek Jenisnya!

Studi ini menemukan bahwa konsumsi makanan pedas di kalangan pria berkaitan dengan kadar testosteron endogen. Banyaknya capsaicin, senyawa cabai yang membuatnya pedas berkaitan dengan dominasi sosial, agresi dan perilaku berani.

"Sebaliknya, kadar testosteron rendah telah dikaitkan dengan kelesuan atau suasana hati depresi," jelas peneliti dikutip dari Daily Star.

Adapun makanan yang bisa meningkatkan hormon testosteron, termasuk jahe, delima, sayuran hijau, ikan berlemak, minyak zaitun hingga bawang.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...

Terpopuler

Loading...