Tanpa Sperma dan Pembuahan, Embrio Sintetis Pertama di Dunia Berhasil Dibuat

Jumat, 05 Agustus 2022 | 11:09 WIB
Tanpa Sperma dan Pembuahan, Embrio Sintetis Pertama di Dunia Berhasil Dibuat Tanpa Sperma dan Pembuahan, Embrio Sintetis Pertama di Dunia Berhasil Dibuat

RIAU24.COM - Embrio sintetis pertama berhasil dietaskan.

Para ilmuwan menggunakan sel induk dari tikus untuk membuat struktur seperti embrio yang memiliki saluran usus, struktur seperti otak, dan jantung yang berdetak.

Baca Juga: Rumah Mode Mewah Gucci Menjadi Merek Dunia Pertama yang Mengadopsi Crypto ApeCoin Sebagai Pembayaran


Dengan perkembangan ini, kebutuhan akan sperma, sel telur, dan pembuahan secara efektif dihilangkan oleh para ilmuwan di Institut Weizmann di Israel.

Mereka menemukan bahwa sel induk dari tikus dapat merakit diri menjadi struktur seperti embrio awal dengan saluran usus, otak awal, dan jantung yang berdetak.

Apa itu embrio sintetis?

Embrio ini diklasifikasikan sebagai sintetis karena dibuat tanpa telur yang dibuahi.

Para ilmuwan dapat lebih memahami proses yang membantu dalam penciptaan organ dan jaringan selama perkembangan embrio alami.

Selain itu, para ilmuwan berharap bahwa embrio sintetis semacam itu dapat mengurangi beban eksperimen hewan dan pada gilirannya membuka jalan bagi sumber sel dan jaringan baru untuk transplantasi manusia.

Baca Juga: Trending 1 Twitter, Korea Selatan Alami Hujan Deras Hingga Banjir Bandang Rendam Kota Seoul

"Hebatnya, kami menunjukkan bahwa sel punca embrionik menghasilkan embrio sintetik utuh, artinya ini termasuk plasenta dan kantung kuning telur yang mengelilingi embrio... Kami sangat senang dengan pekerjaan ini dan implikasinya," kata Prof Jacob Hanna, yang memimpin upaya itu. dikutip dari The Guardian.

Studi itu diterbitkan di Cell.

Tahun lalu, tim yang sama menciptakan rahim mekanis yang memungkinkan embrio tikus alami tumbuh di luar rahim selama beberapa hari. Mereka menggunakan perangkat yang sama dalam percobaan baru untuk menumbuhkan sel induk tikus selama lebih dari seminggu - sekitar setengah waktu kehamilan tikus.

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...