Solidarita KIB Bakal Diuji Saat Daftar Capres 2024

Kamis, 11 Agustus 2022 | 09:57 WIB
Koalisi Golkar, PPP, dan PAN. Sumber: Internet Koalisi Golkar, PPP, dan PAN. Sumber: Internet

RIAU24.COM - Banyak ujian yang bakal dilalui partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Hal ini disampaikan pakar politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro dikutip dari cnnindonesia.com, Kamis, 11 Agustus 2022.

Dia menyebutkan salah satu ujiannya perihal soliditas partai. Terutama ketika KIB tengah menghadapi masa pendaftaran pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Baca Juga: Terkait Cawapres Anies Baswedan, Apakah AHY, Ahmad Heryawan Atau Khofifah?

"Kayanya bisa saja disepakati capresnya dari dia, bertiga bersepakat, salah satu dari kader berarti adalah Airlangga Hartarto. Baru untuk mendongkrak diambil dari luar. Itu kan kesepakatan yang tidak bisa tanpa bumbu-bumbu, mengaitkan dengan masalah dana dan sebagainya," ujarnya.

Selain itu, dia memandang, sejumlah parpol berpeluang bergabung ke KIB, antara lain Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

Baca Juga: Segera Buka Rekrutmen Caleg, Ini Target PKB Riau di Pemilu 2024

Katanya, hal itu bisa terjadi jika Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat gagal membentuk koalisi untuk Pilpres 2024.

"Yang memang belum deklarasi tiga partai Nasdem, PKS, Demokrat. PDIP memang sendiri, solo. Jadi menurut saya mungkin itu, kita tidak tahu wajah depan dan wajah belakang. Jangan-jangan NasDem bertiga sama Demokrat dan PKS sudah ada deal begitu, cuma belum dikerucutkan. Kalaupun juga tidak terjadi, tidak ketemu komitmennya, kalaupun hijrah, mereka akan ke KIB," sebutnya.

PenulisR24/azhar


Loading...
Loading...