Berjuang Dengan Lemak Perut? Anda Cukup Menurunkan Berat Badan Dengan Mengelola Hormon Yang Satu Ini

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:19 WIB
Berjuang Dengan Lemak Perut? Anda Cukup Menurunkan Berat Badan Dengan Mengelola Hormon Yang Satu Ini Berjuang Dengan Lemak Perut? Anda Cukup Menurunkan Berat Badan Dengan Mengelola Hormon Yang Satu Ini

RIAU24.COM - Stres bukanlah hal yang buruk, itu adalah sesuatu yang dibutuhkan tubuh kita, tetapi dalam dosis besar, itu mungkin berbahaya. 

Hormon kortisol, sering dikenal sebagai hormon stres, adalah penyebab utama dari salah satu gangguan yang paling sering - lemak perut.

Lavleen Kaur, Co-Founder & Kepala Ahli Diet, Diet Insight menjelaskan bagaimana Anda bisa menghilangkan lemak perut yang membandel dengan mengelola satu hormon. 

Baca Juga: Kenali Gejala Ambeien yang Perlu Kamu Waspadai

Stres menyebabkan makan berlebihan

Mengkonsumsi makanan ekstra adalah salah satu efek samping stres yang paling umum. Semuanya berubah ketika Anda menjalani kehidupan yang penuh tekanan. Ketika Anda terus-menerus stres, kadar kortisol Anda tidak dapat turun, yang mengakibatkan kebutuhan untuk makan. 

Stres menyebabkan pilihan makanan yang tidak rasional

Ketika Anda berada di bawah banyak stres, Anda menyerah pada keinginan Anda lebih dari yang seharusnya meningkatkan pelepasan jumlah insulin yang tinggi. Ketika terlalu banyak insulin dan kortisol diproduksi bersama, mereka bergabung untuk membentuk lipoprotein lipase (LPL), enzim penyimpan lemak. Lemak perut yang tidak diinginkan terus menumpuk, dan semakin banyak enzim LPL yang Anda miliki, menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Stres menyebabkan kurang tidur yang menyebabkan lebih banyak stres

Saat Anda stres, lingkaran setan lainnya adalah Anda memiliki kebiasaan tidur yang terganggu. Jika Anda tidak dapat tidur, tubuh Anda tidak dapat menghasilkan hormon pertumbuhan, yang membantu Anda memasuki tahap tidur nyenyak. Tubuh Anda kehilangan sensitivitas insulin dan toleransi glukosa keesokan harinya sebagai akibat dari kurang tidur, menyebabkan Anda mengimbanginya dengan makan lebih banyak dan membuat lebih banyak pilihan makanan yang tidak logis.

Cara mengobati perut yang stres

Kita semua terkadang stres, dan tidak apa-apa. Tidak ada cara untuk sepenuhnya menghilangkan stres dari hidup Anda, tetapi ada strategi dan teknik yang dapat kita gunakan untuk mengurangi dan mengelola stres.

Gunakan rumus -ing

Rumus -ing mengacu pada menemukan waktu saya dan bersantai dan melakukan hal-hal yang membuat Anda merasa damai dan puas, bahkan jika itu hanya untuk beberapa menit.

  • Pernapasan : Latihan pernapasan tetap merupakan teknik yang sangat mudah, efektif, dan efisien untuk mengurangi stres dan membalikkan respons stres Anda, menurunkan konsekuensi stres yang merugikan pada kesehatan fisik, fisiologis, dan emosional Anda.
  • Berolahraga : Bahkan jika itu tidak membantu Anda menurunkan berat badan, olahraga setiap hari dapat membantu Anda mengurangi lemak visceral. Membuat upaya terkonsentrasi untuk menjadwalkan latihan yang sering akan membantu Anda dalam mengelola stres Anda.
  • Membaca : Membaca dapat menenangkan tubuh Anda dengan mengurangi detak jantung dan meredakan ketegangan otot, sehingga bekerja untuk memecahkan akar penyebab lemak perut yang tidak diinginkan.
  • Tertawa : Tidak diragukan lagi bahwa tertawa adalah obat terbaik. Ini meningkatkan sistem kekebalan Anda, meningkatkan suasana hati Anda, mengurangi rasa sakit, dan melindungi Anda dari efek negatif stres.

Baca Juga: Dilarang FIFA, Kenali Bahaya Gas Air Mata Bagi Kesehatan

Mengurangi stres psikologis dan emosional

Kembangkan Kebiasaan Pengurangan Stres. Memahami penyebab stres Anda adalah langkah pertama, diikuti dengan belajar mendeteksi sinyal stres, menerapkan praktik manajemen stres yang sehat, dan belajar memprioritaskan perawatan diri. Ketika kita menciptakan waktu untuk diri kita sendiri, kita memprioritaskan kesejahteraan kita sendiri di atas kesejahteraan orang lain. Ini mungkin tampak egois pada awalnya, tetapi ini mirip dengan analogi pesawat—kita harus terlebih dahulu memakai masker oksigen kita sendiri sebelum kita dapat membantu orang lain.

Bagaimana Anda makan sama pentingnya dengan seberapa banyak Anda makan

Pertahankan pola makan yang seimbang dan sehat. Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian harus dimasukkan dalam diet seimbang. Modifikasi diet sederhana, seperti membatasi asupan alkohol, kafein, dan gula, telah terbukti mengurangi kecemasan. Untuk membantu Anda mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat, cobalah mengurangi asupan kalori Anda secara keseluruhan saat berolahraga pada waktu yang sama.

Singkatnya, perut stres adalah salah satu konsekuensi kesehatan dari stres jangka panjang. Lemak perut ekstra juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Meskipun Anda tidak dapat mengubah genetika Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghindari, mengelola, dan menyembuhkan perut stres, dimulai dengan mengidentifikasi sumber stres dan kemudian mengambil langkah proaktif untuk mengatasinya.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...