7 Bahan Pemutih Kulit Ini Baik Untuk Pria Loh, Yuk Cek Penjabarannya!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:07 WIB
Ilustrasi/detikcom Ilustrasi/detikcom

RIAU24.COM - Tidak hanya wajah, kulit badan pria juga perlu dirawat agar sehat dan cerah. Saat ini sudah banyak produk body care pencerah atau pemutih kulit badan yang memang dikhususkan untuk pria.

Agar hasil maksimal, tentunya produk body care harus mengandung bahan yang memang dapat mencerahkan atau memutihkan. Di samping itu, hindari bahan pemutih badan pria dengan kandungan abal-abal agar aman bagi kulit dan tak menimbulkan iritasi hingga efek samping.

Baca Juga: Gejala Menopause Dan Tips Kesehatan: 4 Cara Mudah Tetap Sehat Selama Menopause
 

Bahan atau kandungan-kandungan ini aman digunakan dan umum ditemukan pada produk perawatan seperti sabun, lulur, pelembap, hingga body lotion. Berikut daftar bahan pemutih badan pria yang alami dikutip Riau24 dari berbagai sumber:

1. Ekstrak lemon

Bahan pemutih badan pria yang pertama adalah lemon. Bahan ini telah digunakan sejak lama untuk memperbaiki warna kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit karena tinggi akan kandungan vitamin C, seperti jerawat, kulit sangat sensitif, dan lain-lain.

Lemon tidak hanya menjadi pereda iritasi pada kulit, tapi juga berguna sebagai pemutih alami yang dapat digunakan dengan aman setiap hari. Jika Anda menggunakan bahan ini secara rutin, maka akan langsung terlihat perubahannya pada warna kulit.

2. Mentimun

Mentimun merupakan bahan pemutih kulit alami pria lainnya yang tidak boleh terlewatkan. Selain bermanfaat untuk pemutih kulit, mentimun juga dikenal sebagai salah satu bahan pengobatan rumahan yang juga dapat atasi lingkaran hitam pada mata.

Tidak jarang menemukan produk-produk body care dengan kandungan mentimun sebagai bahan pemutih badan pria. Jangan lupa gunakan produk pendukung lainnya, seperti moisturizer atau body lotion agar kulit lebih lembap dan terhidrasi.

3. Bengkuang

Apabila Anda bermasalah dengan kulit gelap dan kusam, bisa mencoba produk perawatan kulit yang mengandung bengkuang. Umbi-umbian ini merupakan salah satu bahan pemutih badan yang sering digunakan dalam produk-produk skincare maupun body care.

Kandungan utama dalam bengkuang yaitu vitamin C dan A bekerja sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan menurunkan produksi melanin, sehingga kulit tampak lebih cerah.

Bengkuang mudah ditemukan produk-produk seperti body wash, lulur, atau lotion yang dapat digunakan untuk memutihkan kulit badan.

4. Kojic acid

Kojic acid secara alami berasal dari makanan fermentasi, seperti kecap atau sake Jepang dan juga dapat dibuat dari berbagai jenis jamur. Kojic acid bekerja sebagai pencerah alami yang aman dan efektif bagi kulit serta membuatnya tampak lebih putih alami.

Bahan ini bekerja dengan cara menurunkan produksi melanin kulit dan menjadikannya tampak lebih terang. Menurunkan produksi melanin terbukti dapat membuat kulit lebih cerah lebih cepat.

5. Vitamin C

Bahan pemutih badan pria selanjutnya adalah vitamin C. Kandungan ini memiliki fungsi untuk menetralkan radikal bebas sekaligus meningkatkan produksi kolagen sehingga menghasilkan kulit yang lebih cerah, sehat, dan halus.

Vitamin C adalah salah satu bahan aktif yang efektif bekerja untuk memutihkan warna kulit. Asalkan dengan pemakaian rutin, kulit akan tampak lebih cerah secara nyata.

Baca Juga: Cara Pakai Retinol dan Niacinamide Untuk Kulit Bebas Jerawat
 

6. Niacinamide

Bahan aktif turunan vitamin B ini telah populer digunakan dalam produk skincare. Niacinamide secara umum berfungsi untuk meningkatkan hidrasi serta mengurangi peradangan.

Selain itu, niacinamide juga dapat menjadi pencerah alami kulit yang dapat membuat kulit menjadi lebih putih.

7. Glutathione">Glutathione

 Glutathione adalah salah satu bahan yang juga efektif memutihkan warna kulit. Banyak penelitian menyebutkan glutathione aman digunakan untuk kulit wajah ataupun wajah.

Glutathione kaya akan asam amino yang membantu membersihkan dan menghilangkan semua kotoran. Dengan begitu, memungkinkan Anda mendapatkan kulit yang lebih cerah tanpa merusaknya.

Demikianlah penjelasan tentang bahan pemutih badan pria yang wajib ada dalam produk body care Anda.

(***) 

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...