5 Masalah Kesehatan Mental yang Mempengaruhi Berat Badan Anda

Senin, 15 Agustus 2022 | 09:43 WIB
5 Masalah Kesehatan Mental yang Mempengaruhi Berat Badan Anda 5 Masalah Kesehatan Mental yang Mempengaruhi Berat Badan Anda

RIAU24.COM - Kesehatan mental memengaruhi cara kita berpikir, merasa, dan bertindak.

Itu juga memengaruhi cara kita menghadapi kesulitan dan membuat keputusan hidup. Kesehatan mental kita berhubungan langsung dengan kesehatan fisik dan berat badan kita. 

Anda mungkin bertanya-tanya apakah obesitas menyebabkan masalah kesehatan mental atau sebaliknya. Sifat hubungan antara obesitas dan kesehatan mental berbeda-beda pada setiap individu. Tekanan emosional dapat menyebabkan makan berlebihan pada beberapa orang. Makanan dapat digunakan untuk mengatasi stres, yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas. 

Baca Juga: Kenali Gejala Ambeien yang Perlu Kamu Waspadai

Hussain Minawala, konselor dan spesialis dalam terapi meditasi menjelaskan bagaimana kesehatan mental terkait dengan penambahan berat badan dan bagaimana menghadapinya. 

5 masalah kesehatan mental yang terkait dengan obesitas dan cara mengatasinya

Depresi
Orang yang menderita depresi menghadapi komplikasi yang dapat timbul dari karir, kesepian dan perasaan tidak berharga, dll.
Untuk mengatasi masalah tersebut orang tersebut membutuhkan dukungan keluarga yang baik dan cinta & perawatan yang tepat. Jika keluarga atau teman orang tersebut tidak mendukung, maka dia dapat berkonsultasi dengan konselor profesional yang dapat duduk dan mendengarkan masalah mereka. Afirmasi harian adalah cara lain yang bagus untuk menanamkan energi positif. 

Stres-makan
Stres-makan adalah masalah di mana orang makan makanan dalam jumlah berlebih dan menambah berat badan ekstra. Masalah ini muncul karena gugup dan terlalu memikirkan sesuatu. Untuk mengatasi makan stres, penghilang stres seperti menari, mendengarkan musik, menonton film, menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga adalah cara yang baik untuk menghadapinya.

Baca Juga: Dilarang FIFA, Kenali Bahaya Gas Air Mata Bagi Kesehatan

Kecemasan
Masalah kecemasan muncul karena pengalaman masa lalu yang buruk atau ketika hasil ujian akan dirilis di papan/situs pendidikan. Untuk menghalangi rintangan yang dibangun oleh kecemasan, orang tersebut harus dengan damai menenangkan diri dan memikirkan hasil positif dan percaya pada keterampilan dan kemampuan mereka. Latihan pernapasan juga membantu menenangkan saraf.

Kemalasan Mental
Ini adalah masalah umum di antara banyak orang. 
Ada banyak orang yang tidak ingin melakukan aktivitas fisik apa pun dan karena itu menambah berat badan. Kepribadian seperti itu lebih cenderung menikmati waktu senggang daripada membakar minyak tengah malam. 
Latihan fisik adalah cara yang bagus untuk memompa adrenalin dan juga membantu dalam banyak cara lainnya. '3, 2, 1' adalah cara yang bagus untuk membuat Anda bergerak. Hitung sampai 3 dan pastikan untuk memberitahu pikiran Anda bahwa Anda harus bangun dan pergi.

Mengidam Terus-menerus Untuk Makanan Tidak Sehat
Mengidam hampir selalu mengarah pada makan yang tidak sehat terutama dalam jumlah besar. Untuk menghindari makan berlebihan, makanlah hanya 80% dari asupan yang Anda butuhkan (seperti yang dilakukan orang Jepang) untuk hidup sehat.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...