Bukan Dipeluk atau Digendong, Ini Jurus Paling Ampuh Redakan Tangisan Bayi

Kamis, 15 September 2022 | 10:17 WIB
Potret Seorang Balita yang Sedang Menangis (iStockphoto) Potret Seorang Balita yang Sedang Menangis (iStockphoto)

RIAU24.COM Bayi menangis tentu menjadi hal wajar dalam proses pertumbuhannya. Ada berbagai macam cara menenangkan bayi ketika mereka menangis.

Belum lama ini, ilmuwan menemukan cara yang paling efektif meredakan tangisan bayi. Mereka mencermati bahwa menggendong bayi sambil berjalan-jalan selama kurang lebih lima menit dapat membuatnya tenang atau berhenti menangis.

Baca Juga: Wanita Inggris Ini Terpaksa Dirawat di Rumah Sakit Selama Berhari-hari, Setelah Chihuahua Buang Kotoran di Wajah dan Mulutnya

"Menggendong atau memeluk bayi yang menangis tidak akan membantu, tetapi membawanya berjalan-jalan dengan pelan bisa meredakan tangisannya," kata para ilmuwan, seperti dikutip dari laman The Sun, Rabu (14/9/2022).

Membawanya Berjalan-jalan

Perasaan yang muncul ketika diajak berjalan-jalan memicu "respons transportasi" yang memperlambat detak jantung bayi sehingga dapat menenangkannya. 

Para ahli di Riken Center for Brain Science di Jepang menemukan bahwa berjalan-jalan juga dapat membuat bayi tidur sekitar separuh waktunya.

Cara pengasuhan ini juga ditemukan telah digunakan oleh sejumlah satwa seperti monyet, anjing, dan tikus. Hal yang tidak jauh berbeda dengan cara manus CV goia.

Penulis studi Dr Kumi Kuroda mengatakan bahwa bayi yang menangis di malam hari bisa jadi masalah besar, terutama bagi orang tua yang tidak berpengalaman. Hal itu bahkan dapat menyebabkan stres bagi orang tua.

Baca Juga: 7 Cara Jitu Efektif Menghilangkan Sakit Perut Setelah Konsumsi Makanan Pedas 

Banyak saran tentang bagaimana mengasuh anak tanpa menguji metodenya dengan sains. Tetapi tentunya pengujian sains menjadi sangat dibutuhkan untuk memahami perilaku bayi, karena mereka jauh lebih kompleks daripada yang kita duga.

Penelitian pada hewan menemukan bayi mamalia lebih santai saat digendong oleh ibu mereka. Studi Dr Kuroda pun membuktikan hal yang sama alias berlaku untuk manusia dalam percobaan pada 21 anak.

Para ilmuwan mengukur detak jantung bayi ketika mereka menangis dan kemudian selama upaya orang tua untuk menenangkan mereka. Upaya ini termasuk menggendong, mengajak bayi jalan-jalan di kereta dorong, dan menggendongnya sambil duduk.

Berjalan-jalan terbukti bekerja paling baik dan semua bayi dapat berhenti menangis pada akhir perjalanan, bahkan sampai setengahnya tertidur. 

Para ilmuwan juga menemukan cara terbaik untuk membuat bayi tidur adalah dengan membawanya berjalan selama lima menit kemudian melanjutkannya selama delapan menit lagi sebelum menidurkannya.

Dalam jurnal Current Biology, Dr Kuroda mengatakan timnya sedang mengembangkan perangkat yang dapat dipakai ("baby-tech") untuk orang tua. 

Seperti pelatihan kebugaran berbasis sains, parenting berbasis sains juga dinilai sangat penting. Diharapkan temuan ini dapat membantu bayi untuk tidur dan mengurangi stres orang tua akibat tangisan bayi yang berlebihan.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...