Bawaslu Minta Ke-14 Parpol yang Gagal Lolos Pemilu 2024 Tempuh Jalur Hukum Lain

Senin, 19 September 2022 | 09:47 WIB
Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja. Sumber: Bawaslu Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja. Sumber: Bawaslu

RIAU24.COM - Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja menolak gugatan 14 partai politik (parpol) yang gagal menjadi peserta Pemilu 2024 karena tak memenuhi persyaratan administrasi.

Ke-14 parpol itu diantaranya Partai Beringin Karya (Berkarya), Partai Pelita, Partai Indonesia Bangkit Bersatu (IBU), Partai Karya Republik, Partai Bhineka Indonesia.

Kemudian Partai Kongres, Partai Pandu Bangsa, Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Pemersatu bangsa, Partai Pandai, Partai Perkasa, Partai Masyumi, Partai Kedaulatan, Partai Reformasi

Ke-14 parpol tersebut menggugat Komisi Pemilihan Umum (Pemilu) ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dengan tudingan pelanggaran administrasi Pemilu dikutip dari inews.id.

Rahmat Bagja mengatakan hasil pemeriksaan menunjukkan tudingan parpol kepada KPU itu tidak terbukti.

Dia mengatakan apabila parpol tidak terima dengan putusan ini maka dipersilahkan untuk menempuh jalur hukum lainnya.

Baca Juga: Prabowo Cuma Bisa 'Ngakak' Saat Ditanya Soal Duet dengan Jokowi di Pilpres 2024

"Kami tidak bisa memberikan apa-apa. Setelah diperiksa memang tidak terbukti KPU melakukan kesalahan prosedur," ujarnya, Senin, 19 September 2022.

"Saya tidak bisa membatasi ya silakan saja (ambil langkah hukum lain). Bawaslu hanya memutus apa yang menjadi kewenangan Bawaslu dan juga berkomentar apa yang menjadi kewenangan kami," ujarnya.

PenulisR24/azhar


Loading...
Loading...