5 Cara Tenangkan Diri Saat Banyak Pikiran atau Stres

Sabtu, 24 September 2022 | 08:23 WIB
Ilustrasi (Pixabay) Ilustrasi (Pixabay)

RIAU24.COM - Melakukan kegiatan sehari-hari memang bisa membuat Anda menemukan banyak tantangan yang menjadi bahan pikiran. Tak jarang, rasa khawatir hingga kecemasan muncul saking banyaknya beban pikiran.

Walau wajar, terlalu berlarut dalam kecemasan dan rasa khawatir bisa memicu stres hingga mengganggu kesehatan mental. Kecemasan dan kesedihan yang berlebihan juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan dan membuat depresi.

Baca Juga: 7 Cara Jitu Efektif Menghilangkan Sakit Perut Setelah Konsumsi Makanan Pedas 

Dilansir dari klikdokter, berikut beberapa tips untuk membuat pikiran lebih tenang saat banyak pikiran atau stres:

1. Atur Irama Napas

Cobalah atur napas Anda untuk menciptakan ketenangan pikiran. Jika Anda biasanya mengambil napas pendek dan cepat, coba untuk bernapas lebih lambat dan lebih dalam.

Caranya, letakkan tangan di atas perut. Rasakan perut yang naik dan mengembang saat Anda menarik udara dan perut mengempis saat menghembuskan udara. Lakukan dengan rileks agar pikiran dan suasana hati bisa ikut tenang.

2. Berolahraga

Menurut National Institutes of Health (NIH) olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati, termasuk mengurangi risiko stres dan depresi. Selama berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood.

Endorfin akan dan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.  Itulah sebabnya olahraga rutin sangat baik untuk mewujudkan ketenangan pikiran dan suasana hati. Mens sana in corpore sano, pikiran yang sehat ada di dalam tubuh yang kuat.

Baca Juga: 7 Cara Jitu Efektif Menghilangkan Sakit Perut Setelah Konsumsi Makanan Pedas 

3. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik adalah salah satu cara yang Anda dapat coba saat sedang pikiran sedang menumpuk. Mendengarkan musik dapat mengurangi jumlah neuron yang terbakar di amygdala, bagian otak yang merespons rasa takut.

Ini yang membuat musik dapat menenangkan pikiran atau membuat tubuh lebih tenang saat merasakan sakit. Coba untuk dengarkan musik dengan baik. Nikmati irama dan liriknya. Semakin Anda menghayati musik, semakin terjaga kesehatan mental.

4. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran. Meditas dapat membuat Anda merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif.

Praktik ini umumnya dilakukan dengan cara duduk tenang, memejamkan mata, dan mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur. Setidaknya selama 10–20 menit dalam satu sesi.

Meditasi dapat membantu Anda untuk menenangkan pikiran dan menjauhkan diri dari stres. Jika dilakukan teratur, meditasi juga dapat membantu Anda menjadi pribadi yang lebih kuat dalam menghadapi stres.

5. Tidur Cukup

Kurang tidur dapat memengaruhi fungsi tubuh. Kurang tidur dapat menyebabkan energi turun, suasana hati menjadi negatif, dan menurunkan kemampuan berkonsentrasi. 

Menurut laporan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam memiliki risiko depresi yang lebih tinggi. Atas dasar itu, usahakan untuk mencukupi waktu tidur setiap hari.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...