Survei LSJ Capres 2024: Prabowo Tetap Teratas, Ganjar dan Anies Stagnan

Rabu, 28 September 2022 | 09:26 WIB
Hasil Survei LSJ capres 2024 mendatang, Prabowo Subianto tetap teratas /net Hasil Survei LSJ capres 2024 mendatang, Prabowo Subianto tetap teratas /net

RIAU24.COM Survei yang dilakukan Lembaga Survei Jakarta (LSJ) menghasilkan elektabilitas Prabowo masih berada di tempat teratas.

Baca Juga: Ini Jadwal Safari Politik Anies Baswedan Desember 2022

Diketahui, survei ini dilakukan dalam rentang 10 sampai 20 September 2022 di 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hasil survei mengungkapkan Prabowo Subianto yang merupakan Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Partai Gerindra tetap bertengger di posisi teratas dengan 31,5 persen.

Posisi kedua tetap ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 20,8 persen. Diurutan ketiga, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan peraihan 16,9 persen.

"Sejak survei pertama LSJ bulan Januari 2022 elektabilitas Ganjar dan Anies cenderung stagnan," kata Fetra Ardianto selaku Peneliti Senior LSJ dalam keterangan tertulis pada Selasa (27/9/2022) dikutip sindonews.com.

Selain ketiga tokoh tersebut, tingkat elektabilitas tokoh yang lain cenderung mandek. Misalnya, Ridwan Kamil (RK) selaku Gubernur Jawa Barat berada di posisi 4, dengan tingkat elektabilitas terpaku di angka 7 persen.

“Sandiaga Uno yang sempat bercokol di posisi keempat sebelum diambil alih RK bahkan elektabilitasnya terus merosot,” tuturnya.

Di sisi lain, nama-nama tokoh lain seperti Puan Maharani, Agus Harimurti (AHY) dan Menteri BUMN Erick Thohir mengalami peningkatan elektabilitas dibandingkan hasil survei sebelumnya.

"Lumayan, jika dibandingkan survei-survei LSJ sebelumnya."

Baca Juga: Tak Pilih Dudung, Ini Alasan Jokowi Tunjuk KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Diketahui, jumlah responden yang ditetapkan dalam survei LSJ bulan September 2022 ini sebanyak 1.220 responden.

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Sementara, margin of error yang ditetapkan sebesar ±2,81% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...