Banjir Ucapan Selamat, Lichwan Hartono Dinilai Mampu Gabungkan Tiga Entitas Sawit Riau

Kamis, 29 September 2022 | 19:16 WIB
Banjir Ucapan Selamat, Lichwan Hartono Dinilai Mampu Gabungkan Tiga Entitas Sawit Riau Banjir Ucapan Selamat, Lichwan Hartono Dinilai Mampu Gabungkan Tiga Entitas Sawit Riau

RIAU24.COM - Pekanbaru - Lichwan Hartono yang terpilih menjadi ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Riau, dinilai mampu menggantikan tiga entitas sawit di Provinsi Riau, tiga entitas sawit tersebut adalah Petani sawit, Korporasi sawit dan Perusahaan sawit.

Lichwan Hartono terpilih menjadi ketua GAPKI Cabang Riau dalam Musyawarah cabang (Muscab) luar biasa yang digelar di hotel Arya Duta Pekanbaru Kamis (29/9/2022). Atas terpilihnya Lichwan Hartono tersebut banjir ucapan selamat, diantaranya dari ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Dr Gulat Medali Emas Manurung dan ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) H Dheni Kurnia.

Ketua JMSI Riau H Dheni Kurnia menyampaikan ucapan selamat kepada Gapki Cabang Riau yang sukses menggelar Muscab luar biasa, kelapa sawit di Indonesia mengalami naik turun begitu juga dengan kondisi petani dan pengusaha kelapa sawit di Provinsi Riau.

"Melalui wadah Gapki ini, semoga apa yang menjadi permasalahan kelapa sawit di Riau bisa didiskusikan dan dicarikan solusi lewat tangan Gapki kepada pemerintah," ujar Dheni Kurnia yang juga sebagai penasehat ahli Gubernur Riau bidang informasi dan komunikasi.

Ucapan serupa juga disampaikan ketua DPP APKASINDO, Dr Gulat Medali Emas Manurung atas suksesnya Gapki Riau melaksanakan Muscab luar biasa dan berhasil melahirkan ketua baru yang definitif setelah lebih kurang satu tahun dijabat pelaksana tugas ketua (Plt) oleh ketua terpilih Lichwan Hartono.

Gulat tidak terkejut dengan terpilihnya Lichwan Hartono yang akrab disapanya Abang itu "Bang Hartono cukup memahmi persoalan kelapa sawit, terkhusus di Riau," kata Gulat ketika dihubungi dari Singapore yang aktif memantau perkembangan sebelum dilaksanakan Muscab luar biasa Gabki Riau.

"Ya benar, saya tetap memantau dari sini, karena Ketua terpilih sangat berarti buat kami petani sawit, terkhusus petani sawit di Riau. Riau sangat khas dalam industri sawit karena 68 persen dari 4,1 juta haktar sawit di Riau dikelola oleh petani sawit, kebersamaan adalah kata kunci sukses untuk petani sawit di Riau," harap Gulat.

Hal yang sama jg disampaikannoleh Ketua APKASINDO Riau, KH Suher menurutnya  Lichwan Hartono bukan orang baru di korporasi sawit dan selama ini cukup berhasil membawa GAPKI lebih membumi dan merakyat di Riau.

"Kedepan kami berharap, setelah defenitifnya Bang Hartono semakin membawa GAPKI berguna untuk semua, terkhusus komunikasi kerjasama dengan Petani dan pemerintah," kata Suher.

Untuk di Riau, tiga entitas sawit diharapkan bisa satu gerbong dan bergandengan tangan, APKASINDO Riau meyakini Lichwan Hartono mampu untuk itu dimana beliau akan menempatkan hubungan lebih harmonis tiga entitas sawit tersebut diantaranya Petani sawit, Korporasi sawit dan Perusahaan sawit.

"Terkhsus gelombang permasalahan dan tantangan pada 7 bulan terakhir, sawit Riau membutuhkan sosok Bang Hartono.
Semoga dengan defenitifnya Bang Hartono sawit Riau segera lebih kuat dan bangkit lebih cepat," harapnya.

Senada juga dikatakan Ketua APKASINDO Kabupaten Rohul, Syafaruddin Poti, SE MM, dirinya mengaku peran Lichwan Hartono ketika menjadi Plt ketua Gapki Riau sudah merasakan, begitu jeli mencarikan solusi atas kelangkaan minyak goreng.

"Kami sudah merasakan peran dari Bang Ketua Hartono ketika masa masa sulit migor kemaren, dimana Gapki Riau bekerjasama dgn APKASINDO dan ASPEK PIR telah menjalankan program minyak goreng murah sebanyak 25 ribu liter kemasyarakat," ucapnya. 

Lichwan Hartono memperoleh 58 suara dalam Muscab luar biasa GAPKI Riau mengalahkan Arif Subhan yang memperoleh 53 suara, sebelumnya Lichwan Hartono didaulat menjadi pelaksana tugas ketua Gapki Riau menggantikan Jatmiko Krisna Santosa. *rls

PenulisR24/wonja


Loading...
Loading...