Louis McKechnie, Aktivis Perubahan Iklim Dipenjara Karena Mengikat Dirinya di Tiang Gawang

Minggu, 02 Oktober 2022 | 12:32 WIB
Louis McKechnie, aktivis perubahan iklim dipenjara karena mengikat dirinya di tiang gawang /Reuters Louis McKechnie, aktivis perubahan iklim dipenjara karena mengikat dirinya di tiang gawang /Reuters

RIAU24.COM Louis McKechnie, aktivis iklim muda yang mengikat dirinya ke tiang gawang di Goodison Park selama pertandingan sepak bola Liga Primer Everton vs Newcastle, menerima hukuman penjara.

Baca Juga: Impor Eropa atas LNG Rusia melonjak 42% di tengah perang Rusia-Ukraina

Pertandingan dihentikan ketika ia berlari ke lapangan pada 17 Maret dan mengikat dirinya ke tiang gawang menggunakan zip-tie logam.

Dia dinyatakan bersalah atas pelanggaran yang diperparah dan perambahan lapangan. Pemain berusia 21 tahun itu mendapat hukuman penjara enam minggu.

McKechnie mengaku memprotes kelompok perlawanan sipil Just Stop Oil, yang ingin pemerintah berhenti menggunakan bahan bakar fosil. Dia mengatakan kepada pengadilan bahwa dia berharap usahanya dapat berguna.

Seperti dikutip outlet media, dia mengatakan, "Mudah-mudahan, kesadaran publik akan membawa tindakan publik yang mungkin sebenarnya, jika kita bisa membuat pemerintah mendengarkan kita, mungkin benar-benar menyelamatkan banyak nyawa."

Hakim Distrik Wendy Lloyd berkata, "Saya tidak ragu dari apa yang Telah Anda katakan kepada saya bahwa Anda bersemangat tentang tujuan Anda. Tampaknya tidak terlalu bergairah tentang sepak bola."

McKechnie sudah memenuhi hukumannya karena sudah ditahan sejak Juli. Bersamaan dengan skorsing tiga tahun dari semua pertandingan sepak bola, ia juga diberi hukuman £ 50 karena memasuki daerah permainan.

Baca Juga: Misi Bulan ke UEA Akan Segera Diluncurkan, Catat Tanggalnya

Protes di tempat lain

Pada bulan Juli, aktivis iklim menyerbu sirkuit di Silverstone tak lama setelah Grand Prix Inggris ditandai merah setelah kecelakaan multi-mobil di awal.

Kelompok yang sama, Just Stop Oil, bertanggung jawab atas aksi di galeri seni London ketika dua pengunjuk rasa menempelkan diri mereka pada bingkai lukisan Vincent van Gogh.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...