Dulu Anies Baswedan Jadi Rival AHY, Sekarang Demokrat Sebut Merasa Cocok

Rabu, 05 Oktober 2022 | 11:04 WIB
Demokrat sebut merasa cocok dengan Anies Baswedan padahal dulunya jadi rival AHY Demokrat sebut merasa cocok dengan Anies Baswedan padahal dulunya jadi rival AHY

RIAU24.COM - Menanggapi deklarasi Anies Baswedan oleh Nasdem sebagai capres 2024 mendatang, Demokrat mengakui bahwa sosok Gubernur DKI Jakarta itu sesuai dengan kriteria yang pernah disampaikan Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca Juga: Usai Tak Lagi Berseragam Tentara, Andika Perkasa Diyakini Bakal Terjun ke Dunia Politik

Hal ini disampaikan oleh Hinca Panjaitan selaku Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat. Hinca mengatakan walaupun dulu Anies adalah rival AHY, Demokrat merasa cocok dengan sokok Gubernur DKI Jakarta itu.

"Mas AHY juga sudah mengatakan bahwa salah satu yang bagus untuk ke depan juga adalah Mas Anies. Meskipun beliau ini adalah rivalnya dulu di pemilihan gubernur (DKI Jakarta), it's ok, begitulah pilihan politik," ujar Hinca di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/10) dikutip wartaekonomi.com.

Hinca menyebutkan, Partai Demokrat menghormati Partai NasDem yang sudah mengumumkan Anies sebagai capresnya. Menurutnya, itu merupakan bentuk independensi partai politik dalam menentukan sikap.

"Nah tentu mereka masih akan bekerja keras nih karena mengumumkan capres tak ada cawapresnya tentu masyarakat menunggu. Mengumumkan capresnya dengan NasDem sendiri belum cukup yang memenuhi yang 20 persen itu, artinya harus kerja keras lagi," ujarnya.

Hinca menjelaskan, Partai Demokrat masih terus menjalin komunikasi dengan Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun, ia mengakui belum ada kata final dalam pembicaraan tersebut.

"Politik itu berkomunikasi, apakah udah ada final hasilnya? belum, masih terus kita komunikasikan. Jadi itu bagian dari dinamika dan itu makin banyak yang diumumkan makin banyak pilihan," terangnya.

"Jadi itu dari kami masih terus berkomunikasi, masih panjang," sambung mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat itu.

Baca Juga: Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Amanat Indonesia Ajak Kader PAN di Daerah Untuk Lebih Lantang dan Vokal

Disisi lain, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menerima berbagai pertanyaan terkait keputusan koalisi partainya untuk Pemilu 2024. Namun, ia menyampaikan, hal-hal yang berkaitan dengan kerja sama politik tersebut masih menjadi misteri.

"Koalisi itu penuh dengan misteri karena bukan hanya kita yang menentukan dan tidak semua dalam kendali kita, kita hanya bisa terus berikhtiar," ujar AHY dalam pidatonya di acara Pelantikan Ketua dan Pengurus DPC Partai Demokrat se-Jawa Tengah.

Lebih lanjut, AHY mengatakan dirinya dan seluruh pengurus DPP Partai Demokrat akan terus berusaha memberikan yang terbaik. Ia menambahkan Partai yang dipimpinnya tersebut juga terus membuka ruang koalisi seperti yang diharapkan seluruh kadernya.

"Waktunya masih cukup, karena pendaftaran itu akan terjadi di bulan September hingga Oktober 2023, tahun depan," ujar AHY.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...