JKPI Dorong Pemajuan Pariwisata Budaya dan Ekonomi Daerah

Senin, 07 November 2022 | 08:35 WIB
Kepala daerah peserta Rakernas JKPI 2022 Kepala daerah peserta Rakernas JKPI 2022

RIAU24.COM - Rapat Kerja Nasional Jaringan Kota Pusaka Indonesia (Rakernas JKPI) Tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya di Hotel Aryaduta Palembang. Kegiatan tersebut diikuti Bupati Siak Alfedri dan Wakil Bupati Husni Merza bersama 43 delegasi lainnya Kabupaten dan Kota Pusaka se-Indonesia. 

Baca Juga: Siak Terima Penghargaan dalam Penggunaan Energi Terbarukan

Kota Pusaka Palembang menjadi tuan rumah pelaksana Rakernas JKPI Tahun 2022, karena memiliki banyak tinggalan cagar budaya yang menjadi saksi bisu peristiwa bersejarah yang panjang dan identik dengan nama besar Sriwijaya dan Kesultanan Palembang Darusalam di masa silam.

Presidium JKPI Bima Arya yang saat ini juga menjabat sebagai Walikota Bogor, mengajak seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota anggota JKPI untuk menunjukkan kesungguhan dalam memajukan beragam tinggalan kebudayaannya. Upaya tersebut kata dia akan memberikan konstribusi positif bagi pendapatan dan perekonomian di daerah. 

“Kemajuan Kabupaten dan Kota Pusaka akan memberikan dampak yang baik, misalnya meningkatnya kesejahteraan daerah dari sektor pariwisata, terlebih kabarnya tahun depan kita akan menghadapi resiko resesi ekonomi. Indonesia ini spesial, karena disaat pariwisata negara lain mengharapkan keberadaan pasar wisatawan asing, negara kita justru dengan tingginya angka kunjungan wisatawan domestik saja sudah sangat terbantu” ucap Bima Arya dalam sambutannya pada pembukaan Rakernas.  

Sementara itu Bupati Siak Alfedri usai menghadiri acara pembukaan rakernas dan seminar menyebut Jaringan Kota Pusaka Indonesia merupakan wadah yang sangat strategis bagi pemerintah daerah dalam upayanya memajukan daerah, khususnya bagi Kabupaten dan Kota yang memiliki potensi kekayaan tinggalan warisan budaya tangible dan intangible.

“Termasuk Kabupaten Siak yang memiliki banyak sekali bangunan cagar budaya peninggalan Kesultanan Siak dan Belanda, didukung dengan kekayaan senibudaya dan kearifan lokal lainnya di Kabupaten Siak. Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan Rakernas JKPI di Kota Palembang, bagi Kabupaten Siak tentu saja iven ini merupakan sarana promosi yang baik bagi pariwisata daerah” ucap mantan Presidium JKPI itu.

Tak hanya pariwisata, orang nomor satu Negeri Istana itu juga menyebut kebudayaan juga sangat berkembang lewat ruang apresiasi yang diberikan dalam wadah JKPI seiring majunya sector pariwisata daerah.

Baca Juga: Produsen Kendaraan Udara Elektrik Indonesia Tertarik Investasi di Kawasan Industri Tanjung Buton

“Kita sudah memiliki Grand Design Pembangunan Kebudayaan daerah, punya peraturan daerah serta peraturan pendukung lainnya terkait dukungan pemajuan kebudayaan. Tentunya ini kita simpulkan bahwa upaya pelestariaan tinggalan warisan sejarah dan budaya itu berjalan linear” sebut Alfedri.(Lin)

PenulisR24/lin


Loading...

Terpopuler

Loading...