5 Pemian Jepang yang Mencuri Perhatian Dunia Usai Menang Atas Jerman 2-1 di Piala Dunia 2022 Qatar 

Kamis, 24 November 2022 | 09:07 WIB
Jerman vs Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar Celebration atas Kemenangan Penuh Kejutan dari Benua Asia. (Twitter) Jerman vs Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar Celebration atas Kemenangan Penuh Kejutan dari Benua Asia. (Twitter)

RIAU24.COM - Timnas Jepang tampil mengejutkan pada matchday pertama grup E Piala Dunia 2022 Qatar. Samurai Biru mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 di Stadion Internasional Khalifa, Rabu (23/11/2022) malam.

Dua gol kemenangan Timnas Jepang dicetak oleh Ritsu Doan (75') dan Takuma Asano (83'). Sementara gol semata wayang Jerman berasal dari tendangan penalti Ilkay Gundogan (33').

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Cristiano Ronaldo Hancur, Penggemar Tak Inginkan Sang Punggawa Portugal Jadi Starting Eleven
 

Kemenangan Timnas Jepang atas Jerman cukup mengejutkan. Sebab, dari statistik penguasaan bola mereka tertinggal jauh dengan persentase sebesar 26 persen.

Timnas Jepang juga terbukti bermain lebih efektif karena mereka kalah dalam menebar ancaman. Tim Samurai Biru melepaskan 12 tembakan, sementara Jerman 26 shots.

Di balik kemenangan Timnas Jepang atas Jerman, berikut 5 pemain dengan performa terbaik berdasarkan rating WhoScored. 

5. Junya Ito - 7,11

Timnas Jepang lebih banyak mengeksploitasi sisi kiri pertahanan Jerman. Sosok Junya Ito punya peran penting dalam membangun serangan tersebut.

Sepanjang pertandingan, Junya Ito melepaskan 2 umpan kunci 1 tembakan. Bahkan, pada awal babak pertama umpannya hampir berbuah assist jika Daizen Maida tak terjebak offside.

Aksi bertahan Junya Ito juga cukup mengagumkan. Dia membukukan 2 tekel, 2 intersep dan 2 sapuan.

4. Wataru Endo - 7,24

Timnas Jepang mendapat serangan bertubi-tubi dari Jerman. Tapi, Wataru Endo mampu menjaga keseimbangan di lini tengah dan belakang.

Gelandang bertahan VfB Stuttgart mencatatkan 4 tekel, 1 intersep dan 3 sapuan dalam mengawal pertahanan Timnas Jepang. Dia dua kali memblok serangan lawan.

Pada menit 73', Wataru Endo juga melepaskan umpan jarak jauh ke kotak penalti yang hampir berbuah gol. Tapi sepakan Daichi Kamada masih digagalkan Manuel Neuer.

3. Ko Itakura - 7,34

Pertandingan Jerman vs Jepang di Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Luca Bruno
Ko Itakura bekerja keras di lini belakang Timnas Jepang untuk menghalau serangan demi serangan Jerman. Itu dibuktikan dengan statistik mentereng dalam bertahan.

Stopper Borussia Monchengladbach tersebut mencatatkan 3 tekel dan 7 sapuan. Dia juga melakukan jebakan offside sebanyak 2 kali.

Ko Itakura juga membantu Timnas Jepang membobol gawang Jerman lewat 1 assist. Dia mengirim umpan gol kepada Takuma Asano pada menit 83'.

Baca Juga: 7 Pemain Dengan Harga 100 Juta euro Plus di Piala Dunia 2022, Kylian Mbappe Nomor Satu!   

2. Ritsu Doan - 7,47


Ritsu Doan (8') Pencetak Gol Pertama untuk Jepang saat Laga Lawan Jerman di Piala Dunia Qatar 2022 (23/11) Malam. (detik.com/Foto)

Ritsu Doan menjadi supersub ketika Timnas Jerman mengalahkan Jepang. Dia mencetak gol setelah turun sebagai pemain pengganti.

Penyerang Freiburg tersebut mencetak gol pada menit 75'. Atau empat menit setelah masuk menggantikan Ao Tanaka.

Ritsu Doan sebenarnya tidak banyak menebar ancaman ke gawang Timnas Jerman. Dia hanya melepaskan 1 tembakan yang kemudian berbuah gol.

1. Shuichi Gonda - 7,66

Sosok kunci di balik kemenangan Timnas Jepang adalah Shuichi Gonda. Kiper 33 tahun tersebut jatuh bangun mengawal gawang Samurai Biru dari gempuran penyerang Jerman.

Jerman tercatat melepaskan 26 tembakan ke gawang Timnas Jepang dengan 9 shots on target. Shuichi Gonda menggagalkan 8 di antaranya.

Satu-satunya tembakan yang tidak mampu digagalkan adalah tendangan penalti Ilkay Gundogan. Gawang Jepang kebobolan pada menit 33'.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...