Gempa Cianjur: Ridwan Kamil Tegaskan Biaya RS Korban Ditanggung Pemerintah

Kamis, 24 November 2022 | 09:19 WIB
Ridwan Kamil tegaskan biaya RS korban Gempa Cianjur ditanggung pemerintah /ist Ridwan Kamil tegaskan biaya RS korban Gempa Cianjur ditanggung pemerintah /ist

RIAU24.COM - Keluhan korban terdampak Gempa Cianjur Jawa Barat terkait pihak rumah sakit yang menagih biaya pengobatan membuat Gubernur Ridwan Kamil meradang.

Baca Juga: Usai Garut, Gempa Guncang Tasikmalaya dan Cianjur Minggu Dini Hari 

Ridwan Kamil menegaskan bahwa seluruh biaya medis korban gempa Cianjur ditanggung pemerintah. Dirinya pun mengimbau pihak rumah sakit tidak lagi menagih biaya kepada korban.

"Semua tagihan digratiskan. Tagihan ke Pemprov. Ada terjadi ekses yang ditagih Rp5 juta, Rp4 juta, Rp6 juta. Korban udah susah, hartanya terpendam di rumah yang roboh," tegas Ridwan Kamil, Rabu (23/11/2022) dikutip sindonews.com.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan bahwa persoalan penagihan biaya ambulans tersebut kini sudah diselesaikan.

Dia juga memastikan, semua asosiasi rumah sakit sudah dikoordinasikan mengenai biaya penanganan korban bencana ini.

"Sekarang sudah clear, karena semua asosiasi rumah sakit sudah dirapatkan. Ada Pak Menkes sebagai saksi, tidak boleh menangih ke korban, mau ambulans mau apa, tagihnya ke pemerintah," jelasnya.

Baca Juga: Cek Fakta: Erupsi Gunung Semeru Disebut Bisa Sebabkan Tsunami

Diakhir Ridwan Kamil juga menegaskan Pemprov Jabar telah menggelontorkan anggaran Rp2 miliar untuk membeli berbagai kebutuhan warga selama di pengungsian tenda darurat.

Diketahui, para pengungsi ini tersebar di 12 kecamatan.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...