Fakta Dibalik Kemenangan Portugal atas Swiss di Piala Dunia 2022, Xhendan Shaqiri: Mereka Favorite di Piala Dunia 2022! 

Rabu, 07 Desember 2022 | 09:39 WIB
Potret Selebrasi Timnas Portugal atas Kemenangan Mereka Lawan Swiss. (Bola.net/Foto) Potret Selebrasi Timnas Portugal atas Kemenangan Mereka Lawan Swiss. (Bola.net/Foto)

RIAU24.COM Portugal sukses membungkam Swiss dengan skor telak 6-1 dalam partai 16 besar Piala Dunia 2022 yang digelar di Lusail Iconic Stadium, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Ramos menjadi pahlawan kemenangan untuk Portugal dengan memborong tiga gol alias hat-trick. Ramos notabene menjadi starter menggusur Cristiano Ronaldo yang mengawali laga dari bangku cadangan.

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Manchester United 
 

Tiga gol Portugal lainnya masing-masing diciptakan oleh Pepe, Raphael Guerreiro, dan Rafael Leao. Sementara itu, Swiss sempat memperkecil ketinggalan berkat gol Manuel Akanji.

Berkat hasil ini, Portugal pun berhak lolos ke perempat final untuk menghadapi Maroko pada Sabtu (10/12/2022) malam WIB mendatang. Sementara itu, Swiss harus mengemas koper mereka.

Berikut Fakta dibalik kemenangan Portugal atas Swiss, yang dirangkum Riau24.com: 

Kejutan Fernandos Santos

Kejutan besar dilakukan pelatih Portugal, Fernando Santos untuk laga melawan Swiss kali ini. Santos memutuskan untuk menaruh Ronaldo di bangku cadangan.

Ronaldo sendiri sebelumnya selalu menjadi starter dalam tiga laga Portugal di fase grup. Ia menyumbang satu gol lewat eksekusi penalti di laga kontra Ghana.

Dalam tiga laga tersebut, Ronaldo selalu ditarik keluar oleh Santos di babak kedua. Stamina CR7 di usia 37 tahun memang tak bisa dibohongi, apalagi untuk tampil di turnamen intens seperti Piala Dunia.

CR7 Dicadangkan Terus 

Selain itu, Ronaldo juga menunjukkan gestur sedikit kesal ketika ditarik keluar oleh Santos pada laga melawan Korea Selatan.

Keputusan taktik Fernando Santos ternyata terbukti jitu. Portugal bermain luar biasa tanpa kehadiran Ronaldo di lini depan.

Portugal bisa dibilang sangat mendominasi permainan. Build up serangan mereka pun sedap dipandang lewat kerja sama apik Bernardo Silva, Otavio, Bruno Fernandes, Joao Felix, hingga Goncalo Ramos.

Sepertinya Santos kini harus kembali mencadangkan Ronaldo di laga perempat final melawan Maroko jika ingin timnya tampil fluid seperti ketika menghajar Swiss.

Setelah tersingkir dari Manchester United kini Ronaldo juga kehilangan tempat di skuad Portugal.

Pemain Muda yang Apik Goncalo Ramos 

Ramos benar-benar sensasional. Ini merupakan penampilan perdananya di Piala Dunia 2022. Striker yang baru berusia 21 tahun itu pun dipercaya menjadi starter.

Kepercayaan Fernando Santos tak disia-siakan Ramos. Pemain asal Benfica itu tiga kali sukses memperdaya kiper Swiss, Yann Sommer.

Setelah mencetak satu gol di babak pertama, Ramos semakin menggila di babak kedua dengan dua kali membobol gawang Sommer.

Baca Juga: Bertahan di 4 Kompetisi, Erik Ten Hag Disebut Samai Sir Alex Ferguson  

Calon Juara Piala Dunia 2022 

Portugal menjadi tim dengan raihan kemenangan paling meyakinkan di babak 16 besar. Portugal pun kini berstatus sebagai salah satu unggulan terkuat untuk meraih trofi juara.

Jika mampu melewati adangan Maroko di perempat final, Portugal akan bertemu dengan pemenang laga Prancis vs Inggris. Ini bakal menjadi ujan sesungguhnya bagi Pepe cs.

Trofi juara bakal menjadi prestasi luar biasa bagi Ronaldo yang sepertinya saat ini memainkan Piala Dunia terakhirnya.

(***)
 

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...