Donald Trump Segera Gelar Acara Kampanye Perdana Pemilu 2024 di South Carolina 

Rabu, 18 Januari 2023 | 09:53 WIB
Potret Donald Trump saat Lakukan Kampanye Politik Pencalonan Presiden Amerika Serikat. (Twitter/Foto) Potret Donald Trump saat Lakukan Kampanye Politik Pencalonan Presiden Amerika Serikat. (Twitter/Foto)

RIAU24.COM - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump berencana akan menggelar acara kampanye untuk pemilihan umum 2024 di South Carolina pada 28 Januari mendatang. 

Ini akan menjadi kampanye perdananya sejak Trump mengumumkan pencalonan diri untuk pemilu 2024 pada November tahun lalu.

Baca Juga: Sosok Alqam dan Aksi Balasannya yang Mematikan Terhadap Pemukim Israel di Tepi Barat
 

Dua politisi Republik dari South Carolina, Senator Lindsey Graham dan Gubernur Henry McMaster, akan bergabung dengan Trump di State House di Columbia. Nantinya, Trump akan memperkenalkan tim kampanyenya.

Mengutip dari laman France 24, Rabu, 18 Januari 2023, South Carolina memiliki pengaruh yang sangat besar sebagai salah satu negara bagian pertama yang mengadakan kontes nominasi calon presiden di tahun politik.

Pada 2016, ketika South Carolina menjadi negara bagian ketiga setelah Iowa dan New Hampshire, kemenangan Trump di negara bagian tersebut membantu memperkuat statusnya sebagai kandidat terdepan dari Republik.

Kemenangan Presiden Demokrat Joe Biden di pemilihan pendahuluan South Carolina pada 2020 merupakan titik balik penting bagi pencalonannya, setelah penampilannya yang relatif buruk dalam dua kontes sebelumnya.

Demokrat, dengan dukungan Biden, baru-baru ini mengambil langkah untuk menjadikan South Carolina sebagai pemilihan pendahuluan pertama mereka pada 2024. Hal ini dilakukan karena para pemimpin Demokrat memandang Iowa, yang secara tradisional merupakan negara bagian terdepan, 'terlalu putih' untuk mencerminkan pemilih penuh.

Baca Juga: Rishi Sunak Pecat Ketua Partai Konservatif Atas Kasus Pajak  

Republik telah memilih untuk mempertahankan urutan tradisional untuk tiga negara bagian pertama mereka, yaitu Iowa, New Hampshire, dan South Carolina.

Trump belum menggelar kampanye resmi sejak dirinya mencalonkan diri sebagai presiden pada November lalu. Ia hanya sesekali tampil di hadapan tamu undangan di perkebunan Mar-a-Lago miliknya di Florida.

Politisi asal South Carolina lainnya, yaitu mantan Gubernur Nikki Haley dan Senator AS Tim Scott, dipandang sebagai saingan potensial untuk pencalonan presiden 2024 dari Republik.

(***) 
 

PenulisR24/zura


Loading...

Terpopuler

Loading...