5 Fakta Unik Kesehatan yang Jarang Diketahui 

Jumat, 20 Januari 2023 | 11:03 WIB
ilustrasi (Grid.id) ilustrasi (Grid.id)

RIAU24.COM Kesehatan adalah hal yang paling utama bagi kehidupan manusia. Karena itu para peneliti tak hentinya mengkaji bidang tersebut untuk meningkatkan kualitas temuan yang pernah ada sebelumnya.

Beberapa riset yang dilakukan para ahli tak jauh berbeda dengan temuan kesehatan yang sudah ada selama bertahun-tahun, tetapi mereka menemukan beberapa fakta baru yang sedikit mengejutkan. 

Baca Juga: Peringati Hari Kanker Sedunia, IDI Pekanbaru Gelar Berbagai Kegiatan
 

Bertolak belakang dengan fakta kesehatan yang pernah kamu dengar sebelumnya, berikut 8 fakta kesehatan yang mungkin akan mengejutkanmu.

1. Tertawa Disiang Hari 

Ternyata jika kita lebih banyak tertawa di siang hari akan dapat membuat kamu tidur lebih baik di malam harinya. 

2. Tidur Tengkurap

Jika kamu tidur dalam posisi tengkurap akan membuat wajah kamu menjadi sembab dan bengkak serta mata menjadi merah. Hal ini disebabkan karna posisi dada dan jantung tertekan kebawah. 

Posisi tidur telungkup bisa meningkatkan risiko sakit leher. Dalam posisi ini, Anda harus memiringkan kepala ke satu sisi agar bisa bernapas sehingga membuat tulang leher dan tulang belakang menjadi tidak sejajar. 

Akibatnya, leher menjadi tegang karena menerima tekanan yang kuat sehingga menyebabkan kaku dan nyeri.

3. Rasa Geli 

Manusia gampang sekali merasakan geli, jika digelitik oleh orang lain. Tapi tidak bisa menggelitik dirinya sendiri. 

Para ahli menyatakan bahwa disentuh atau digelitik dapat merangsang hipotalamus di otak. Hipotalamus merupakan bagian otak yang bertanggung jawab atas reaksi emosional dan respons melawan atau menghindari dari rasa sakit. 

Hal tersebut dapat memicu reseptor saraf rasa sakit dan sentuhan sehingga menimbulkan sensasi yang kita kenal dengan geli. 

4. Minum Air Posisi Duduk 

Meminum air putih dengan posisi duduk ternyata lebih baik dan sehat bagi tubuh dari pada harus minum air sambil berdiri.Dimana minum air sambil berdiri adalah salah satu penyebab penyakit kristal ginjal. 

Minum air sambil berdiri bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh karena air yang masuk akan tersebar dan nggak dialurkan secara merata, termasuk ke bagian sendi. Akibatnya, bisa terjadi penumpukan cairan di sendi-sendi tubuh dan menyebabkan artritis.

Baca Juga: Nigeria Umumkan Status Darurat Demam Lassa, Penyakit Virus Tikus  

5. Bersin 

Seseorang yang bersin sangguo melontarkan ratusan ribu kuman ke udara sekitarnya. 

Bersin juga tidak dapat dihentikan apabila sudah keluar. Apabali kamu tetap memilih untuk menahan, bisa berefek pada gendang telinga rusak dan bola mata keluar. 

(***)


 

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...