Penyanyi Sekaligus Penulis Lagu David Crosby Meninggal di Usia 81 Tahun 

Jumat, 20 Januari 2023 | 14:03 WIB
Potret Musisi Favid Crosby yang Meninggal di Usia 81 Tahun. (The Peaople/Foto) Potret Musisi Favid Crosby yang Meninggal di Usia 81 Tahun. (The Peaople/Foto)

RIAU24.COM David Crosby, salah satu penyanyi rock paling berpengaruh tahun 1960-an dan 70-an bersama Byrds and Crosby, Stills, Nash & Young (CSNY) telah meninggal dunia pada usia 81 tahun, Variety melaporkan pada Kamis (19 Januari), mengutip sebuah pernyataan. dari istri Crosby.

"Dengan sangat sedih setelah lama sakit, David (Croz) Crosby yang kita cintai telah meninggal dunia," Variety mengutip pernyataan istrinya, Jan Dance, dalam pernyataan tersebut.

Baca Juga: Aktor Song Joong-ki Umumkan Menikah dengan Katy Louise Saunders, Dikabarkan Sedang Hamil
 

Perwakilan Crosby yang berbasis di Inggris tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar oleh Reuters.

Crosby adalah anggota pendiri dari dua band rock yang dihormati: Byrds yang dipengaruhi country dan folk, untuk siapa dia ikut menulis lagu hit "Eight Miles High", dan CSNY, yang mendefinisikan sisi halus musik generasi Woodstock. Dia dilantik ke Rock & Roll Hall of Fame sebagai anggota dari kedua grup.

Secara musikal, Crosby menonjol karena harmoni vokalnya yang rumit, penyetelan terbuka yang tidak ortodoks pada gitar, dan penulisan lagu yang tajam. 
Karyanya dengan Byrds dan CSN/CSNY memadukan rock dan folk dengan cara baru dan musik mereka menjadi bagian dari soundtrack untuk era hippie.

Secara pribadi, Crosby adalah perwujudan dari kredo "seks, narkoba, dan rock 'n' roll", dan artikel majalah Rolling Stone tahun 2014 menandainya sebagai "orang yang paling tidak mungkin selamat dari rock".

Selain kecanduan obat-obatan yang akhirnya menyebabkan transplantasi untuk menggantikan hati yang aus karena kelebihan beberapa dekade, kehidupannya yang penuh gejolak termasuk kecelakaan sepeda motor yang serius, kematian seorang pacar, dan pertempuran melawan hepatitis C dan diabetes.

Dia juga berhasil mengasingkan banyak mantan rekan bandnya yang terkenal yang sering dia sesali dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Grup K-Pop TXT Hadirkan Pesona Bali di MV Terbaru 'Sugar Rush Ride', Ini 4 Lokasi Shootingnya   

Kebiasaan narkoba dan kepribadiannya yang sering kasar berkontribusi pada kematian CSNY dan para anggota akhirnya berhenti berbicara satu sama lain. Dalam film dokumenter 2019 "David Crosby: Ingat Nama Saya", dia menjelaskan bahwa dia berharap mereka bisa bekerja sama lagi tetapi mengakui yang lain "sangat tidak menyukai saya."

Crosby menjadi ayah dari enam anak - dua sebagai donor sperma untuk pasangan rocker Melissa Etheridge dan satu lagi yang ditempatkan untuk diadopsi saat lahir dan tidak bertemu Crosby sampai dia berusia 30-an. Putra itu, James Raymond, akhirnya menjadi kolaborator musiknya.

Crosby lahir pada 14 Agustus 1941 di Los Angeles. Ayahnya adalah seorang sinematografer yang memenangkan Golden Globe untuk "High Noon" pada tahun 1952 dan ibunya mengenalkannya pada grup folk the Weavers dan musik klasik.

(***)

PenulisR24/zura


Loading...
Loading...