Tak Seperti Partai Lainnya, Golkar Sudah Tetapkan Capres Lewat Munas 2019

Senin, 23 Januari 2023 | 11:48 WIB
Airlangga Hartarto Airlangga Hartarto

RIAU24.COM - Memasuki era Pemilu 2024, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan bahwa partainya telah menerapkan calon presiden yang akan diusung pada Pemilihan Presiden mendatang.

Calon yang dimaksud tak lain adalah Airlangga sendiri karena Musyawarah Nasional (Munas) Golkar telah menetapkan dirinya untuk maju sebagai calon presiden.

"(Soal nama capres) Kalau Golkar, waktu Munas juga sudah resmi,” kata Airlangga saat menghadiri Rakornis dan Bimtek Pemenangan Pemilu seperti dilansir dari nasional.kompas.com, Senin (23/1).

Airlangga mengatakan, urusan calon presiden dari Partai Golkar sudah final karena munas merupakan forum tertinggi di partai berlambang pohon beringin itu.

Baca Juga: MJO, Fenomena Cuaca yang Sebabkan Curah Hujan Tinggi hingga Akhir Januari

Ia menyebutkan, keputusan itu juga diperkuat oleh hasil keputusan rapat pimpinan nasional hingga rapat kerja nasional (Rakernas) yang digelar setelah Munas Golkar 2019. Partai Golkar kini tengah fokus memperjuangkan agar sistem pemilu proporsional terbuka agar tetap berlaku.

Airlangga menegaskan, Golkar ingin menjaga demokrasi meski partai tersebut hampir selalu menang ketika pemilu digelar dengan sistem proporsional tertutup.

“Jangan lupa Golkar rajanya pilihan tertutup. Kita berpengalaman menangani berbagai pemilu dengan pemilihan tertutup di era Orde Baru bahkan di era Reformasi di tahun 2004 Golkar juaranya. Tetapi Golkar ingin menjaga demokrasi,” kata Airlangga.

Ia juga mengingatkan bahwa partai-partai politik sudah berkomitmen untuk tidak mengubah Undang-Undang Pemilihan Umum pada tahun ini agar aturan tidak berubah-ubah di setiap gelaran pemilu.

“Jadi kita sudah ada komitmen antarpartai politik tidak setiap tahun, aturan pemilu diubah-ubah. Jadi tentu ini kita harus dijalankan secara konsisten apalagi kalau istilah di sepak bola peluit sudah diberikan,” kata Airlangga.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Kecelakaan yang Menewaskan Mahasiswa UI

Sebelumnya, politikus senior Partai Golkar, Idris Laena, mengungkapkan bahwa tokoh-tokoh senior partainya solid mendukung keputusan mengusung Airlangga menjadi capres pada Pilpres 2024.

Dia berkata, seluruh kader Partai Golkar dari level pusat hingga daerah solid mendukung keputusan hasil Munas Golkar 2019 tersebut.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...