Menteri Jokowi yang Satu ini Mau Genjot 3 Sektor ini Biar Ekonomi Meroket

Jumat, 27 Agustus 2021 | 13:57 WIB
Ilustrasi. Sumber: Internet Ilustrasi. Sumber: Internet

RIAU24.COM -  Arahan Presiden RI Joko Widodo belum lama ini menjadi perhatian serius Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Lutfi mengaku tidak sendiri, dia bakal menggandenga Komisi VI DPR RI dalam menggodok arahan Jokowi tersebut dikutip dari okezone.com, Jumat, 27 Agustus 2021.

"Penyelesaian persetujuan ini merupakan arahan dari Presiden RI sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi, khususnya di masa pandemi," ujarnya.

Baca Juga: Pengamat Sebut Janji Jokowi Atasi Banjir Hanya Omong Kosong: Sampai Hari Ini Tidak Terbukti

Arahan itu meliputi pembahasan Rencana Pengesahan Persetujuan Perdagangan Jasa ASEAN (ASEAN Trade In Services Agreement/ATISA).

Berikutnya Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP).

Dan yang terakhir soal Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Korea (Indonesia–Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement/IK-CEPA).

Katanya, ATISA merupakan transformasi ekonomi ke sektor jasa modern yang memiliki nilai tambah tinggi seperti tertuang dalam Visi 2045.

Serta bentuk peningkatan dari seluruh Persetujuan ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS) di sektor jasa perdagangan, jasa keuangan, dan jasa transportasi udara merupakan persetujuan perdagangan jasa yang lebih modern.

Baca Juga: Isuzu Panther Pensiun 2021, Ini 4 Generasi yang Pernah Hadir di Indonesia

Tambahnya, ATISA juga memiliki pengaturan lebih baik dari persetujuan sebelumnya sehingga mencerminkan persetujuan perdagangan jasa yang memenuhi prinsip-prinsip disiplin perdagangan yang diharapkan oleh pelaku usaha dan investor.

"Persetujuan ATISA dapat memberikan manfaat luas bagi pelaku usaha di sektor jasa nasional termasuk dalam rangka mendukung dan memfasilitasi usaha mikro, kecil, dan menengah dalam melakukan ekspor ke negara-negara ASEAN,” ujarnya.

PenulisR24/azhar


Loading...
Loading...