Tak Ada yang Sadar, Youtuber Ini Rencanakan Pembunuhan Massal lewat Video YouTubenya

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:20 WIB
Randy Stair Randy Stair

RIAU24.COM - Randy Stair, lebih dikenal sebagai Andrew Blaze secara online, memiliki banyak saluran YouTube selama sembilan tahun. 

Saluran pertama dibuka pada 9 Juni 2008, dan disebut PioneersProductions. Hampir semua video yang dibuat di PioonersProductions antara 2008 dan 2009 telah dihapus dan hilang selamanya, video tertua yang masih tersisa di saluran adalah video November 2009 berjudul “Mr. Horse Head.” 

Baca Juga: Tragis, di Hari Guru Nasional, Empat Pelajar di Depok Justru Tertangkap Polisi Bawa Pedang dan Golok untuk Tawuran

Sekitar pukul 23:00 pada tanggal 7 Juni 2017, Stair tiba di Weis Markets untuk shift larut malamnya. Sebelum melakukan tugas tokonya, Stair memblokir pintu keluar darurat di dekat area gedung. Tidak lama kemudian, Stair kembali ke area kru dan memblokir pintu keluar darurat yang tersisa.

Setelah mengamankan semua pintu keluar toko, termasuk mengunci pintu otomatis yang terletak di pintu masuk, Randy melengkapi dirinya dengan dua senapan otomatis pegangan pistol.

Dia berkeliaran di toko, membunuh tiga rekan kerja. Dari total lima karyawan yang bekerja di toko malam itu, hanya Kristan Newell yang selamat. Penembakan itu berakhir ketika Stair menembak dirinya sendiri.

Baca Juga: Mabuk Hingga Pukuli Istri Sampai Mati, Pria Buleleng Ini Diancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Meskipun Randy Stair dilaporkan mengalami intimidasi di masa mudanya, itu bukan faktor penentu di balik tindakannya. 

Dia membunuh tiga rekan kerjanya dalam penembakan massal di Supermarket Weis lokal dan tak lama kemudian bunuh diri. Setelah penembakan itu, diketahui bahwa Stair meninggalkan jejak besar di media sosial, terutama di YouTube. 

Dia terobsesi dengan karakter Ember dari kartun Nickelodeon Danny Phantom dan bahkan membuat kelompok fiksi berdasarkan karakter yang disebut "Ember's Ghost Squad". 

Meski Stair tidak melakukan penembakan di sekolah, dia mengidolakan penembak Columbine High School, Eric Harris dan Dylan Klebold.

Dia menulis tentang melakukan penembakan di sekolah, membuat video animasi tentang penembakan di sekolah, dan menulis bahwa “Weis Markets secara resmi adalah Columbine High School.” 

Dia mengatakan bahwa dia akan kembali ke sekolah menengah lamanya dan menembaknya, tetapi sekolah itu telah dihancurkan pada tahun dia lulus.

Dia juga percaya bahwa dia adalah seorang wanita yang terperangkap dalam tubuh pria dan sering melakukan cross-dress ketika keluarganya tidak ada di rumah/

Dia memfilmkan video tentang dirinya yang merencanakan pembantaian, dan mendiskusikan pemikirannya. 

Dalam video itu, Stair mengatakan seorang rekan kerja akan istirahat setiap malam dan “ketika dia keluar, saya akan memblokir pintu darurat. Saya akan mengambil palet dan saya akan meletakkannya di depan pintu-pintu.” 

Stair berbicara ke kamera dan menjelaskan rencananya secara detail - bahkan menyebutkan nama karyawan yang akan berada di Weis. Dia tampak jelas, pandai berbicara, dan terorganisir dalam rencananya.

Bagian dari kru malam beristirahat sekitar pukul 1 pagi dan Stair menjelaskan di mana semua orang akan berada, apa yang akan mereka lakukan. “Saya ingin ini ada di kamera pengintai sehingga Anda bisa melihatnya,”  katanya.

Sepanjang video, dia merinci bagaimana dia akan menggunakan palet untuk memblokir jalan keluar. Satu pintu memberinya masalah khusus, tetapi dia mengatakan bahwa dia mendapatkan ide saat duduk di mobilnya di tempat parkir suatu malam saat istirahat. 

“Sekarang tanggal 11 Mei, menghitung mundur hari. Tidak bisa datang cukup cepat. Setiap hari saya semakin percaya diri. Saya semakin terinspirasi,” katanya.

Stair mengatakan dia telah merencanakan untuk mati selama lebih dari empat tahun dan merencanakan serangan selama tiga sampai empat bulan. 

Stair mengutip spiral depresi yang dimulai pada tahun 2013 dan yakin bahwa kepribadiannya yang sebenarnya adalah alter ego yang ia ciptakan, karakter wanita animasi bernama Andrew Blaze.

Sebuah video yang diunggah di sana pada 7 Juni, sehari sebelum pembunuhan, disebut “The Westborough High Massacre (EGS)/Goodbye.”

Dalam deskripsinya, Stair menulis, “Ini akan menjadi produksi dan kontribusi terakhir saya untuk dunia ini.”

 

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...