Pencurian Crypto Terbesar Kedua di Dunia, Lebih Dari USD 600 Juta Dicuri Dari Platform Blockchain Game NFT Axie Infinity

Jumat, 01 April 2022 | 09:05 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM - Dalam apa yang diyakini sebagai pencurian crypto terbesar kedua, peretas diduga telah melanggar platform blockchain yang berfokus pada game Ronin Network minggu lalu dan mengekstraksi cryptocurrency yang sekarang bernilai lebih dari USD 600 juta, sesuai dengan pengumuman perusahaan. 

Pelanggaran tersebut dilaporkan terjadi pada 23 Maret 2022, namun baru diketahui kemarin.

Lebih dari $600 Juta Dicuri Dari Game NFT

Dalam sebuah postingan blog platform blockchain terkait Ethereum menulis “Telah terjadi pelanggaran keamanan.” Ronin adalah platform untuk video game berbasis token yang tidak dapat dipertukarkan, Axie Infinity .

Menurut perusahaan, 173.600 token eter dan 25,5 juta koin USD senilai hampir $620 dikuras dari platformnya setelah penyerang menggunakan kunci pribadi yang diretas untuk memalsukan dua penarikan palsu minggu lalu, seperti yang dilaporkan di Forbes.

Platform menemukan serangan terjadi setelah seorang pengguna melaporkan tidak dapat menarik 5.000 token eter, senilai USD 17 juta, dari jaringan pada Selasa pagi.

Baca Juga: Sempat Meledak, Polda Riau Dikabarkan Bekuk Terduga Pemilik Bom Pipa di Inhu

Dalam sebuah email, Tom Robinson, Kepala ilmuwan di perusahaan analitik blockchain Elliptic, menunjukkan pencurian itu adalah peretasan terbesar kedua yang pernah ada, berdasarkan nilai cryptocurrency pada saat serangan, yaitu sekitar USD 540 juta , menurut Forbes.

Hanya peretasan USD 600 juta dari platform Poly Network berbasis blockchain pada Agustus 2021 yang lebih besar, menurut Elliptic. Dana tersebut akhirnya diambil setelah banyak pertukaran crypto dan perusahaan blockchain mulai melacak petunjuk identitas di blockchain. Sesuai Los Angeles Times , jaringan Ronin mengatakan dalam buletin bahwa itu berhubungan dengan pertukaran mata uang kripto utama, penegakan hukum, dan pelacak blockchain Chainalysis untuk memantau pergerakan dana yang dicuri. 

 

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...