Mengenal Lebih Jauh Tentang Puasa Intermiten Dan Khasiatnya

Rabu, 11 Mei 2022 | 11:38 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Baik itu agama atau tradisi kuno, orang-orang terbiasa berpuasa karena berbagai alasan. Namun, sedikit yang kita tahu, berpuasa telah menjadi tren modern karena banyak manfaat kesehatannya? 

Dikenal sebagai Puasa Intermiten, pola makan ini adalah gaya hidup yang diadopsi oleh banyak orang terutama untuk mengurangi asupan kalori dan mendorong penurunan berat badan. 

Baca Juga: Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Makan Telur, Bisa Panjang Umur Lho...

Apa itu puasa intermiten?

Pertama, puasa intermiten bukanlah diet tetapi pola makan yang beralih antara periode makan dan puasa dengan jadwal yang teratur. Ini terutama menekankan pada kapan harus makan daripada apa yang harus dimakan. Meskipun itu memberi Anda kebebasan untuk memiliki apa pun yang Anda inginkan, tetapi ingatlah untuk berbuka puasa dengan sesuatu yang ringan dan sehat.

Ada beberapa jenis puasa intermiten berdasarkan periode waktu yang Anda pilih untuk makan dan puasa. Berikut adalah beberapa yang populer:

  1. 16/8: Dengan mengikuti metode 16/8, Anda berpuasa selama 14-16 jam setiap hari membatasi jendela makan Anda hingga 8 jam. Anda dapat makan tiga kali atau lebih selama periode tersebut, tetapi pastikan Anda makan dengan sehat karena metode ini tidak akan berhasil jika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori atau makan banyak junk food.
  2. 5:2: Juga dikenal sebagai Diet Cepat, metode ini melibatkan makan secara normal selama 5 hari per minggu dan membatasi asupan kalori Anda menjadi 500-600 hanya untuk 2 hari dalam seminggu. Direkomendasikan bahwa, saat berpuasa, wanita harus asupan 500 kalori dan pria harus asupan 600 kalori.
  3. Puasa alternatif: Dalam jenis puasa ini, Anda berpuasa setiap hari bergantian dan makan secara normal keesokan harinya. Pada hari-hari puasa, Anda berpuasa sepanjang hari atau membatasi asupan makanan hingga beberapa ratus kalori. Namun, berpuasa sepanjang hari tidak dianjurkan untuk pemula.

Baca Juga: Waspada, Ini Gejala Klinis Penyakit Mulut dan Kuku pada Sapi, Kambing dan Babi

Apa manfaat puasa intermiten?

Saat Anda berpuasa, Anda mengkonsumsi sangat sedikit kalori yang meningkatkan metabolisme Anda sedikit yang mengakibatkan penurunan berat badan. Puasa intermiten juga dikatakan protektif bagi penderita Diabetes tipe 2 karena menurunkan kadar gula darah. Seiring dengan meningkatkan kesehatan otak, manfaat menarik lainnya adalah puasa intermiten mungkin memiliki kemampuan untuk meningkatkan umur Anda.

Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda memulai puasa intermiten jenis apa pun. Semoga Anda menemukan informasi ini berwawasan dan beri tahu kami tentang pemikiran dan pengalaman Anda tentang puasa intermiten di bagian komentar di bawah.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...