Tekan Angka Stunting, Bupati HM Wardan Himbau Orang Tua Berikan ASI Eksklusif Bagi Bayi

Senin, 15 Agustus 2022 | 21:07 WIB
Bupati HM Wardan dalam arahannnya Bupati HM Wardan dalam arahannnya

RIAU24.COM - Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Kecamatam Teluk Belengkong menggelar Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pada Minggu, 14 Agustus 2022. 

Baca Juga: Disdagtri Inhil Gelar Sidang Tera Ulang Alat UTTP

Pelatihan pencegahan dan penanggulangan stunting yang dupusatkan di Halaman Balai Desa Beringin Mulya Kecamatan Teluk Belengkong ini secara resmi dibuka oleh Bupati Inhil Drs. HM. Wardan, MP. 

Hadir dalam kesempatan, Ketua TP PKK Kabupaten Inhil Hj. Zulaikhah Wardan, beberapa Kepala Dinas, Ketua BAZNAS, Camat dan Unsur Forkopimcam Kecamatan Teluk Belengkong, Kepala UPT, Kordinator, Kepala Desa serta para peserta pelatihan dan tamu undangan. 

Bupati Inhil HM Wardan dalam menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BKAD Kecamatan Teluk Belengkong dan semua pihak terkait atas dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini. 

"Kegiatan pelatihan ini kita lakukan karena pencegahan dan penanggulangan stunting ini juga merupakan program Nasional yang sudah diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo," jelas Bupati HM Wardan. 

Dikatakannya, Stunting terjadi karena kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK) atau mulai dari hamil sampai melahirkan.

Selanjutnya setelah melahirkan, Bupati menghimbau untuk menggunakan ASI eksklusif, yaitu air susu ibu yang diberikan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 bulan tanpa asupan lainnya.

Sementara itu, Ketua GSH Kabupaten Inhil Hj. Zulaikhah Wardan mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama para kader posyandu dan kader stunting, TP PKK serta anak-anak remaja kita yang mana mereka merupakan calon-calon ibu yang kita harapkan mereka menjadi istri yang sehat, kalo ibu yang sehat tentu akan melahirkan anak yang sehat. Terangnya 

"Untuk itu, selaku Ketua GSH saya mengharapkan kepada seluruh peserta bisa bersungguh-sungguh untuk mengikuti pelatihan dengan baik dan bisa memahami apa yang disampaikan oleh pemateri, selanjutnya saya juga menghimbau untuk mengaktifkan lagi posyandu-posyandu" tutup Ketua GSH Hj. Zulaikhah Wardan.

Baca Juga: Tokoh Pemuda Pulau Kijang Inhil Minta Pemerintah Cari Solusi Anjloknya Harga Kelapa dan Pinang

Di akhir acara dilakukan penyerahan bantuan dari Bupati dan Ketua TP PKK kepada Majelis Ta'lim berupa pengeras suara.*

PenulisR24/rgo


Loading...
Loading...