Fraksi Fraksi DPRD Bengkalis Sampaikan Laporan Reses

Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:02 WIB
Rapat reses Rapat reses

RIAU24.COM -BENGKALIS - Masing-masing Fraksi DPRD Kabupaten Bengkalis menyampaikan laporan Reses pada rapat paripurna DPRD, Selasa 16 Agustus 2022.

Penyampaian laporan Reses masa persidangan II Tahun 2022 dipimpin oleh Ketua DPRD H. Khairul Umam dan didampingi Sekda H. Bustami HY. Sesuai dengan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkalis No. 20 Tahun 2020 Pasal 114 ayat (6) yang menyatakan "Anggota DPRD wajib melaporkan hasil pelaksanaan Reses kepada pimpinan DPRD".

Usulan kegiatan infrastruktur dari masyarakat menjadi poin penting yang banyak disampaikan oleh Fraksi, terutama Fraksi Partai Keadilan Sejahtera yang disampaikan oleh H. Adri. Adapun usulan yang diharapkan meliputi pembangunan infrastruktur jalan, drainase/sanitasi, jembatan, gorong-gorong, turap, pembangunan sekoldah dan pembangunan sarana prasarana lainnya seperti sarana olahraga, taman bermain, fasilitas olahraga, rumah ibadah, dan lainnya.

Baca Juga: HUT TNI ke 77, Khairul Umam Turut Ziarah Nasional Dimakam Pahlawan Kesuma Kesatria Bengkalis

Fraksi Partai Golkar oleh H. Asmara mengatakan usulan yang disampaikan dalam reses salah satunya kebutuhan dasar masyarakat perlu ditingkatkan seperti air bersih, rumah layak huni, dan penguatan ekonomi produktif rumah tangga.

Selanjutnya Erwan dari Fraksi PDI Perjuangan melaporkan rangkuman hasil kegiatan Reses di berbagai bidang, termasuk pemerintahan, pembangunan, kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan. Yang mana Fraksi PDI Perjuangan mengharapkan pemerintah daerah Kabupaten Bengkalis agar sekiranya memprioritaskan segala bentuk aspirasi yang telah diserap, karena segala bentuk aspirasi dan usulan bersentuhan langsung kepada pembangunan dan peningkatan kemasyarakatan.

Fraksi PAN Indrawansyah mendapatkan masukan untuk dapat membantu sejumlah sarana dan prasarana pendidikan di sejumlah wilayah saat pelaksanaan reses. Pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan dan penunjangnya masih diharapkan oleh masyarakat dalam setiap kesempatan.

Kemudian Adihan dari Fraksi Partai Gerindra juga mendapatkan banyak hasil penyerapan aspirasi masyarakat berupa masukan, usulan, saran dan keluhan yang dirasakan masyarakat. Kebanyakan masalah yang disampaikan dalam hasil Reses pembangunan infrastruktur, serta jalan yang menghubung dari desa ke desa belum secara maksimal dapat dirasakan masyarakat.

Baca Juga: Pemkab Bengkalis Bahas Draf Rancangan Peraturan Bupati Tentang Berpakaian Bertanjak

Fraksi Kebangkitan Bintang Demokrat oleh Surya Budiman dalam hal ini menyampaikan terkait dengan pemekaran desa-desa di wilayah Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan baik yang diusulkan oleh masyarakat maupun yang masuk dalam inisiatif pemerintah diharapkan untuk segera ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Fraksi Gabungan Nasdem Pembangunan Persatuan Indonesia Laurensius Tampubolon salah satunya yang disampaikan di bidang sosial budaya dan kesejahteraan masyarakat berupa pelayanan dan rehabilitasi kesejahteraan sosial dengan memberikan bantuan kepada orang-orang yang kurang mampu, anak yang mengalami disabilitas, orang tua jompo dan pengembangan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) KUBE.

Dalam paripurna tersebut disampaikan juga perubahan Alat Kelengkapan DPRD Kabupaten Bengkalis yaitu Banggar dan Banmus.

 

PenulisR24/hari


Loading...
Loading...