Kunjungi Kuansing, Wamen ATR/BPN Dukung HGU Dulta Palma Diblokir

Senin, 22 Agustus 2022 | 13:23 WIB
Raja Juli Antoni Raja Juli Antoni

RIAU24.COM - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/BPN)  Raja Juli Antoni melakukan kunjungan  ke Kantor Pertanahan ATR-BPN Kuantan Singingi, Riau, setelah mengikuti prosesi pembukaan festival pacu Jalur. Minggu 21 Agustus 2022.

Baca Juga: Sugeng Pranoto Minta Pembangunan Tol Pekanbaru - Padang Terus Dilanjutkan

Salah satu keputusan penting yang dibicarakan dalam pertemuan itu adalah ATR/BPN menyetujui permintaan resmi aparat penegak hukum untuk memblokir HGU PT Duta Palma Nusantara di Kuantan Singingi, terkait dengan proses hukum yang sedang dijalani  Surya Darmadi yang diduga merugikan negara sebesar Rp 78 T.

“Saya telah berkoordinasi dan  dapat petunjuk Pak Menteri Hadi Tjahjanto pagi ini. Per hari ini, Senin 22 Agustus 2022, dipastikan HGU PT Duta Palma Nusantara di Kuantan Singingi telah diblokir. Artinya, mulai hari ini tidak akan ada  peralihan hak, pengalihan tanggungan, dan transaksi jual beli tanah HGU tersebut di atas sampai kasus hukum tuntas.”ujar Raja.

Dua HGU yang diblokir berada di Kuansing yaitu HGU no hak 1 (11.260 h) dan HGU no hak 3 (2.997 ha).

"Tindakan cepat dan tegas ini sesuai dengan perintah Presiden Jokowi agar semua kementerian terlibat serius dalam penegakan hukum dan mengadirkan rasa keadilan di tengah masyarakat,"terangnya.

Baca Juga: Fraksi PKS DPRD Riau Tolak Kenaikkan Biaya Haji

Sebelumnya, pada awal Agustus lalu, Kejaksaan Agung menetapkan Surya Darmadi sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyerobotan lahan seluas 37.095 hektare di Riau. Ia dijerat bersama Bupati Kabupaten Indragiri Hulu periode 1999 sampai dengan 2008 Raja Thamsir Rachman (RTR).

Dalam kasus penyerobotan lahan tersebut, negara diduga mengalami kerugian perekonomian hingga Rp 78 triliun.

Tidak hanya itu, Kejaksaan Agung juga menetapkan Surya Darmadi sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

 

 

 

 

 

 

PenulisR24/riko


Loading...
Loading...