Pelaku UMKM Kampar Dapat Pelatihan Pemasaran dari Marketplace jualBuy

Kamis, 15 September 2022 | 15:31 WIB
Pimpinan Perusahaan jualBuy, Muhardi saat beri pelatihan pemasaran bagi UMKM di Kampar Pimpinan Perusahaan jualBuy, Muhardi saat beri pelatihan pemasaran bagi UMKM di Kampar

RIAU24.COM - Pimpinan Perusahaan marketplace jualBuy, Muhardi, memberi pelatihan marketing bagi puluhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan industri kecil dan menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Kampar, Kamis (15/09/2022).

Baca Juga: Luncurkan 11 Aplikasi Satker Polda Riau, Kapolda Riau : Berikan Yang Terbaik Untuk Masyarakat

Pada pelatihan yang digelar di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar tersebut, Muhardi menjelaskan bahwa pada faktanya pola dunia marketing terus berubah mengikuti kemajuan teknologi informasi.

"Dunia marketing selalu berubah, sekarang jika mau buka usaha, tidak mesti punya lahan, harus bangun toko dengan semua biaya yang tidak sedikit. Sekarang semuanya bisa dimulai secara online," katanya.

Sebab itu marketplace jualBuy sebut dia, dilahirkan sebagai sarana bagi UMKM bisa berjualan secara online. Dan pastinya pasarnya akan jauh lebih luas dikenal masyarakat.

"Kita hadirkan marketplace jualBuy ini sebagai usaha kita membantu UMKM tumbuh kembang, terutama UMKM yang ada di Riau. Kami punya perhatian khusus dan beri kemudahan bagi UMKM. Ini juga apa yang diharapkan Gubernur Riau, Syamsuar bagaimana UMKM Riau berkembang secara nasional," paparnya.

Tambah dia, pelaku usaha, terutama UMKM di era kemajuan teknologi, tidak ada alasan lagi untuk tidak dapat bersaing dan produknya bisa dijangkau oleh konsumen, yang bahkan itu dari lintas daerah.

"Kita harus membuka diri dengan kemajuan teknologi. Kehadiran teknologi bisa kita manfaatkan untuk pemasaran produk kita," tuturnya.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Industri Kecil dan Menengah (P2IKM) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kampar, Agustina Riani menyebutkan pihaknya menggelar pelatihan tersebut sejalan dengan arahan Pj Bupati Kampar, Dr Kamsol agar mengoptimalkan peran pemerintah memfasilitasi pertumbuhan UMKM dan IKM.

"Di Kampar beragam UMKM dan IKM yang ciri khas. Itu semua tentunya perlu optimalisasi strategi, peningkatan kuantitas, kualitas dan pemasaran. Kehadiran jualBuy jelas akan membantu pemasaran produk pelaku UMKM di Pasar," ujarnya. 

Baca Juga: Dilengkapi Panic Button, Kapolda Riau Luncurkan Aplikasi QRIS Ditpolairud, Begini Canggihnya

Pelatihan sehari ini diikuti pelaku UMKM Batik Kampar, Kain Tenunan Songket, Pengolahan mie dari ikan dan lainnya. 

PenulisR24/wira


Loading...
Loading...