Sebanyak 230 Paus Pilot Terdampar di Tempat yang Sama Dimana 350 Mati Dua Tahun Lalu

Rabu, 21 September 2022 | 15:45 WIB
Sebanyak 230 Paus Pilot Terdampar di Tempat yang Sama Dimana 350 Mati Dua Tahun Lalu Sebanyak 230 Paus Pilot Terdampar di Tempat yang Sama Dimana 350 Mati Dua Tahun Lalu

RIAU24.COM - Sehari setelah 14 paus sperma mati ditemukan di pantai King Island di Australia, sekitar 230 paus pilot bersirip panjang ditemukan terdampar di Pelabuhan Macquarie dekat Strahan di pantai barat Tasmania. Ini adalah wilayah tempat kejadian serupa terjadi dua tahun lalu. 

Menurut Departemen Sumber Daya Alam, paus itu terjebak di dekat pintu masuk pelabuhan, yang lebih dikenal sebagai gerbang Neraka. 

Baca Juga: Rumor Raja Charles III Berencana Mengasingkan Pangeran Harry

"Sebuah pod sekitar 230 paus telah terdampar di dekat Macquarie Harbour. Tampaknya sekitar setengah dari hewan itu masih hidup." kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Environment Tasmania Marine Conservation Program (MCP) sedang mengerjakan perakitan alat penyelamatan paus dan menuju ke lokasi yang jauh dari daratan. 

Menyatakan bahwa paus adalah spesies yang dilindungi, departemen tersebut menambahkan bahwa 'bahkan setelah mati, mengganggu bangkai' adalah pelanggaran.

Penting untuk dicatat bahwa dua tahun lalu pada tanggal 21 September 2022, tanggal yang sama dengan hari ini, salah satu insiden terdamparnya paus massal terburuk di Australia tercatat. 

Pada saat itu, lebih dari 470 paus pilot terdampar di wilayah tersebut. 

Baca Juga: Sertifikat Kematian Ratu Elizabeth II Diterbitkan, Ungkap Penyebab dan Waktu Meninggal

Operasi penyelamatan yang rumit juga diluncurkan pada saat itu. Dan sementara 111 paus diselamatkan, 350 kehilangan nyawa mereka, meninggalkan tugas besar membuang bangkai mereka. 

Seperti dilansir WION, pada bulan Agustus, seekor paus beluga tersesat ke sungai Seine yang tercemar di Prancis, jauh dari habitat aslinya di perairan dingin Kutub Utara yang dingin. 

Hewan spesies yang dilindungi itu terjebak di sungai yang mengalir melalui Paris ke saluran. Meskipun pihak berwenang berusaha membimbing paus itu, ia tidak dapat menemukan jalannya

Akhirnya, mamalia putih itu mati setelah seminggu, kelaparan dan menjadi sangat kurus. ***
 

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...