TDA Pekanbaru Taja Kopdar Akbar Dengan Tema 'Goal Setting'

Selasa, 08 November 2022 | 20:47 WIB
Foto. Istimewa Foto. Istimewa

RIAU24.COM - Dalam rangka mempererat silahturahim antar sesama anggota Komunitas Tangan Di Atas (TDA) wilayah Kota Pekanbaru mengadakan Kopi Darat (Kopdar) gratis kepada 100 member TDA. Antusiasme anggota yang hadir melebihi target, tercatat 130 peserta bersama tim usaha oleh masing-masing member turut hadir dan mengikuti acara yang mengusung tema “Goal Setting” ini. 

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 08 November 2022 bertempat di Ballroom Hotel Evo Pekanbaru. Mereka berasal dari berbagai latar belakang bisnis dan usaha kecil menengah yang ada di Pekanbaru dan sekitarnya.

Ketua TDA Pekanbaru Rizky Fitri menyampaikan, kegiatan ini sebagai salah satu wadah bagi anggota dalam berbagi ilmu dan pengalaman tentang bisnis. Disamping itu pentingnya dalam memahami tujuan dalam berbisnis menjadi hal yang diprioritaskan.

Baca Juga: Kisah Haru Hari Guru ke 77, Bu Lindar Bercucur Airmata Didatangi Ditresnarkoba Polda Riau ke Rumahnya

“Selain modal dan ilmu yang harus dimiliki oleh siapapun yang mau menjadi pelaku usaha, hal yang tak esensial dalam berwirausaha adalah memantapkan tujuan dalam berbisnis. Tujuan ini menjadi arah dan titik fokus bagi usaha yang kita jalani, tegasnya.”

Divisi Edukasi TDA Pekanbaru yang diampu oleh Ridwan Wiyono, didaulat sebagai narasumber. Dalam  materinya Ridwan mengungkapkan salah satu konsep yang bisa menjadi pilihan bagi pelaku usaha dalam menetapkan tujuan dalam berbisnis dengan metode Specific, Mesuarable, Agreed, Realistic dan Trackable yang disingkat dengan (SMART). 

Baca Juga: Gudang Raja Matras Bantu Kasur dan Sembako pada Korban Kebakaran Kampung Baru

“Ada banyak metode dan konsep dalam dunia ekonomi yang dapat digunakan dalam mengembangkan atau memulai untuk menetapkan arah tujuan bisnis kita, salah satu yang dapat kita gunakan dengan metode SMART. Metode  ini dapat melihat usaha yang kita jalani dari berbagai aspek penting didalamnya, sehingga sebagai pelaku usaha kita dapat mengambil keputusan yang tepat dalam setiap langkah yang kita ambil, ungkapnya.”

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh pebisnis setelah menetapkan tujuan, maka dilanjutkan dengan perencanaan, implementasi, evaluasi dan setiap tahapan harus dikuti dengan pengawasan yang ketat. 

“Tujuan atau Goal merupakan tahap awal dalam sebuah rangkaian kegiatan persiapan usaha. Perencanaan yang matang, diikuti dengan pelaksanaan yang terencana, evaluasi yang berguna sebagai alat ukur dalam pelaksanaan serta setiap rangkaian tersebut diiringi dengan pengawasan. Siklus ini akan terus berkelanjutan sehingga menjadi tahapan tiada akhir, ujar Ridwan yang juga owner usaha De Klapper Pie.”

Akhir masa jabatan kepengurusan TDA Pekanbaru 7.0 yang sudah semakin dekat, Rizky berharap adanya aktifitas usaha yang terintegrasi dan dapat merangkul setiap anggota untuk mengembangkan fokus usahanya dan maju secara bersama-sama. Oleh karena itu dibutuhkan peran aktif serta support dari setiap anggota itu sendiri, tutupnya.

PenulisR24/amri


Loading...

Terpopuler

Loading...