Tahukah Anda, Pizza Beku, Makanan Siap Saji, Dan Sup Dalam Kemasan Dapat Membunuh Anda Sejak Dini

Jumat, 11 November 2022 | 16:38 WIB
Tahukah Anda, Pizza Beku, Makanan Siap Saji, Dan Sup Dalam Kemasan Dapat Membunuh Anda Sejak Dini Tahukah Anda, Pizza Beku, Makanan Siap Saji, Dan Sup Dalam Kemasan Dapat Membunuh Anda Sejak Dini

RIAU24.COM - Makanan rumahan selalu baik untuk kesehatan. 

Namun, terkadang sebagian dari kita tidak punya pilihan selain bertahan hidup dengan makanan kemasan, yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan kita. 

Konsumsi sup, saus, pizza beku, dan makanan siap saji setiap hari dapat membunuh Anda di awal kehidupan, menurut sebuah penelitian. Sesuai penelitian baru, konsumsi makanan tersebut dikaitkan dengan lebih dari 10 persen dari semua penyebab kematian dini yang dapat dicegah di Brasil pada 2019.

Baca Juga: Neymar Jr Jalani Diet Hypercaloric, Apa Saja yang Dimakan?

Meskipun orang Brasil mengonsumsi jauh lebih sedikit produk ini daripada negara-negara berpenghasilan tinggi, konsumsi makanan ultraproses yang mengandung sedikit atau tidak sama sekali makanan utuh dalam bahannya berkontribusi terhadap 57.000 kematian dini di Brasil pada 2019, para peneliti melaporkan dalam American Journal of Preventive Medicine.

Formulasi industri siap saji atau panas yang dibuat dengan bahan-bahan yang diekstraksi dari makanan atau disintesis di laboratorium secara bertahap telah menggantikan makanan tradisional dan makanan yang dibuat dari bahan-bahan segar dan diproses secara minimal di banyak negara.

“Studi pemodelan sebelumnya telah memperkirakan beban kesehatan dan ekonomi dari bahan-bahan penting, seperti natrium, gula dan lemak trans, dan makanan atau minuman tertentu, seperti minuman manis gula,” jelas peneliti utama, Eduardo AF Nilson, dari Universitas Sao Paulo. dan Yayasan Oswaldo Cruz, Brasil.

Baca Juga: Rekomendasi Fashion Mewah dan Elegan untuk Menyambut Natal dan Tahun Baru 2023

“Sepengetahuan kami, hingga saat ini tidak ada penelitian yang memperkirakan dampak potensial makanan ultraproses pada kematian dini. Mengetahui kematian yang disebabkan oleh konsumsi makanan ini dan memodelkan bagaimana perubahan pola diet dapat mendukung kebijakan makanan yang lebih efektif dapat mencegah penyakit dan kematian dini,” kata Nilson.

Contoh makanan ultraproses adalah sup dalam kemasan, saus, pizza beku, makanan siap saji, hot dog, sosis, soda, es krim, dan kue, kue, permen, dan donat yang dibeli di toko. Di semua kelompok umur dan strata jenis kelamin, konsumsi makanan ultraproses berkisar antara 13 persen hingga 21 persen dari total asupan makanan di Brasil selama periode penelitian.

Sebanyak 5.41.260 orang dewasa berusia 30 hingga 69 tahun meninggal sebelum waktunya pada 2019, di antaranya 2.61.061 di antaranya disebabkan oleh penyakit tidak menular yang dapat dicegah.

Model tersebut menemukan bahwa sekitar 57.000 kematian tahun itu dapat dikaitkan dengan konsumsi makanan ultraproses, yang berhubungan dengan 10,5 persen dari semua kematian dini dan 21,8 persen dari semua kematian akibat penyakit tidak menular yang dapat dicegah pada orang dewasa berusia 30 hingga 69 tahun.

Para peneliti menyarankan bahwa di negara-negara berpenghasilan tinggi seperti AS, Kanada, Inggris, dan Australia, di mana makanan ultraproses menyumbang lebih dari setengah dari total asupan kalori, perkiraan dampaknya akan lebih tinggi.

Mengurangi konsumsi makanan ultraproses dan mempromosikan pilihan makanan yang lebih sehat mungkin memerlukan beberapa intervensi dan tindakan kesehatan masyarakat. “Konsumsi makanan ultraproses dikaitkan dengan banyak hasil penyakit, seperti obesitas, penyakit kardiovaskular, diabetes, beberapa jenis kanker, dan penyakit lainnya, dan itu merupakan penyebab signifikan kematian dini yang dapat dicegah dan dini di antara orang dewasa Brasil,” kata Nilson.

 

 

***

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...