Serba-serbi Tak Terduga Selama KTT G20 Bali, Pimpinan Negara Pulang Jalan Kaki Hingga Nongkrong Bareng

Kamis, 17 November 2022 | 11:39 WIB
Berikut beberapa hal tak terduga yang terjadi selama KTT G20 Bali /medcom.id Berikut beberapa hal tak terduga yang terjadi selama KTT G20 Bali /medcom.id

RIAU24.COM - Puncak perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 telah berhasil diselenggarakan di Nusa Dua, Badung, Bali pada 15-16 November 2022 lalu.

Baca Juga: Piala Dunia Qatar 2022 Menjadi Penampilan Terakhir Ronaldo dan Lionel Messi

Selama setahun lebih Indonesia menjadi tuan rumah presidensi KTT G20, berbagai peristiwa tak terduga terjadi. Kebanyakan terjadi pada saat detik-detik puncak pergelaran Konferensi tersebut.

Dilansir dari katadata.co.id, berikut beberapa hal tak terduga yang terjadi selama KTT G20 Bali:

1. Teror Bom di Istanbul, Turki

Sebelum presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertandang ke Bali untuk menghadiri KTT G20, terjadi pengeboman di distrik Beyoglu, Istanbul pada Minggu (13/11) pukul 13.30 waktu setempat. Insiden tersebut menewaskan enam orang.

2. PM Kamboja Hun Sen Positif Covid 19

Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen batal hadir dalam pertemuan KTT G20 akibat positif Covid 19 setibanya di Bali, Indonesia, Selasa (15/11).

3. SBY dan Megawati Makan Satu Meja

Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terlihat duduk semeja dalam acara jamuan makan malam KTT G20 Bali.

4. Joe Biden Tidak Mengikuti Acara Makan Malam

Presiden Amerika Serikat Joe Biden tidak menghadiri Gala Dinner G20 di kawasan Garuda Wisnu Kencana pada Selasa (15/11). Alasannya Biden harus mengurus beberapa hal lain yang tak diungkap ke publik.

5. Emmanuel Macron Pulang Jalan Kaki

Presiden Prancis Emmanuel Macron berjalan kaki sepanjang 2 kilometer usai menghadiri acara Gala Dinner G20 di kawasan GWK pada Selasa (15/11). Aksi ini dilakukan Macron karena memiliki kedekatan emosional dengan Bali.

6. Rishi Sunak dan Justin Trudeau Nongkrong Bareng

PM Inggris Rishi Sunak dan PM Kanada Justin Trudeau mengadakan pertemuan bilateral di Art Cafe Bumbu Bali, Nusa Dua pada Senin (14/11). Justin Trudeau memesan minuman Bir Bintang sedangkan Rishi Sunak memilih Mango Spritz.

7. Menlu Rusia Pulang Sebelum Deklarasi

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov memutuskan untuk kembali lebih awal ke negaranya dari KTT G20 Bali pada Selasa (15/11) malam. Lavrov sempat hadir dalam pembukaan dan agenda KTT G20 serta Gala Dinner G20.

8. Rudal Hantam Polandia

Media Polandia mengatakan rudal telah menghantam daerah Przewodow, yaitu desa di Polandia Timur dekat perbatasan dengan Ukraina pada Selasa (15/11). Ledakan tersebut menewaskan dua orang.

9. G7 dan NATO Rapat Darurat

Rudal yang menghantam Polandia membuat pimpinan negara anggota G7 yang hadir di KTT G20 Bali melakukan rapat darurat. Negara anggota G7 tersebut antara lain Amerika Serikat (AS), Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada dan Prancis.

Baca Juga: Polisi Lakukan Razia Pada Siswa Menengah Kejuruan Negri 7 di Surabaya

Itulah beberapa serba-serbi tak terduga yang terjadi selama KTT G20 di Bali.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...

Terpopuler

Loading...