WHO Berupaya Mengidentifikasi Patogen yang Dapat Menyebabkan Pandemi di Masa Mendatang

Selasa, 22 November 2022 | 15:34 WIB
WHO Berupaya Mengidentifikasi Patogen yang Dapat Menyebabkan Pandemi di Masa Mendatang WHO Berupaya Mengidentifikasi Patogen yang Dapat Menyebabkan Pandemi di Masa Mendatang

RIAU24.COM - Mengambil pelajaran dari pandemi virus corona yang mematikan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin (21/11) mengatakan meluncurkan proses ilmiah global untuk memperbarui daftar patogen prioritas, agen yang berpotensi menyebabkan wabah atau pandemi di masa depan. 

COVID-19 mendatangkan malapetaka di seluruh dunia, membunuh jutaan orang dan berdampak pada ratusan dan ribuan orang dengan fenomena yang disebut "Covid-panjang". 

Baca Juga: AS Tuduh Vladimir Putin Bawa Perang Ukraina ke Level Barbar Baru

Sekarang, WHO sedang berusaha untuk mempercepat persiapan menghadapi pandemi semacam itu di masa depan dengan memandu investasi, penelitian dan pengembangan (R&D) global, terutama dalam vaksin, pengujian, dan perawatan. 

"Dimulai dengan pertemuan yang diadakan Jumat lalu, 18 November, WHO mengumpulkan lebih dari 300 ilmuwan yang akan mempertimbangkan bukti lebih dari 25 keluarga virus dan bakteri, serta 'Penyakit X'," kata WHO di situs webnya. 

WHO lebih lanjut menyatakan bahwa para ahli akan merekomendasikan daftar patogen prioritas yang memerlukan penelitian dan investasi lebih lanjut. Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2017 dan pelaksanaan prioritas terakhir dilakukan pada tahun 2018. 

Badan kesehatan dunia mencatat bahwa para ahli juga akan mempertimbangkan apa yang disebut "Penyakit X", yang merupakan patogen yang tidak diketahui yang dapat menyebabkan epidemi internasional yang serius. 

Sesuai rilis resmi, keseluruhan proses akan mencakup kriteria ilmiah dan kesehatan masyarakat, serta kriteria yang terkait dengan dampak sosial ekonomi, akses, dan kesetaraan. 

Baca Juga: Penobatan Raja Charles III, Mahkota Bersejarah Akan Dimodifikasi

Direktur kedaruratan WHO Michael Ryan mengatakan: "Menargetkan patogen prioritas dan keluarga virus untuk penelitian dan pengembangan penanggulangan sangat penting untuk respons epidemi dan pandemi yang cepat dan efektif." 

"Tanpa investasi R&D yang signifikan sebelum pandemi Covid-19, vaksin yang aman dan efektif tidak akan mungkin dikembangkan dalam waktu singkat," tambah Ryan. 

Sesuai WHO, daftar saat ini termasuk COVID-19, demam berdarah Krimea-Cong, penyakit virus Ebola dan penyakit virus Marburg, demam Lassa, dll. 

 

***

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...