28 November: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Dongeng Nasional dan Hari Menanam Pohon Indonesia

Senin, 28 November 2022 | 08:15 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 28 November /iftodayisyourbirthday.com Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 28 November /iftodayisyourbirthday.com

RIAU24.COM - Tanggal 28 November diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Dongeng Nasional dan Hari Menanam Pohon Indonesia.

Baca Juga: Patung Liberty dan 5 Fakta yang Disembunyikan

Hari Dongeng Nasional diperingati setiap tanggal 28 November sejak tahun 2015 dan Hari Menanam Pohon Indonesia diperingati sejak tahun 2008.

Tanggal 28 November juga merupakan hari ke-333 dalam setahun dan tersisa 33 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini pada tahun 1893, wanita memberikan suara dalam pemilihan umum untuk pertama kalinya di Selandia Baru? Hal ini menjadikan Selandia Baru sebagai negara pertama yang mengizinkan perempuan untuk memberikan suara dalam pemilihan parlemen.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 28 November, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2015

Hari Dongeng merupakan hari penting yang diperingati secara nasional dan internasional.

Hari Dongeng Nasional dirayakan setiap tanggal 28 November, sementara Hari Dongeng Sedunia jatuh pada tanggal 20 Maret.

Sejarah Hari Dongeng Nasional dimulai sejak Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendeklarasikan tanggal 28 November sebagai Hari Dongeng Nasional Tanah Air pada 2015.

Tahun ini, peringatan Hari Dongeng Nasional akan jatuh pada Minggu (28/11/2022). Jika dihitung sejak hari penetapannya, Hari Dongeng tahun ini merupakan yang ke-7.

Tanggal 28 November dipilih sebagai Hari Dongeng Nasional karena bertepatan dengan tanggal lahir tokoh dongeng nasional, yaitu Drs.Suyadi atau yang lebih dikenal sebagai Pak Raden.

2008

Hari Menanam Pohon Indonesia diperingati setiap tanggal 28 November.

Hari ini ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 21 Oktober 2008 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia.

Adapun tujuan dibuatnya Hari Menanam Pohon Indonesia adalah untuk memasyarakatkan gerakan tanam dan pelihara pohon secara nasional sebagai sikap hidup dan budaya bangsa.

1990

Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher, menyerahkan pengunduran dirinya kepada Ratu dan mengundurkan diri setelah menjadi perdana menteri selama 11 tahun.

1975

Timor Leste mendeklarasikan kemerdekaannya dari Portugal.

Pada Abad ke-16, Portugal mulai menjajah Timor Leste modern, mengambil kendali penuh pada tahun 1702 dan menamakannya Timor Portugis. Kekuasaan Portugal selama abad-abad berikutnya agak terbatas, karena mereka melihatnya sebagai sedikit lebih dari sekadar pos perdagangan. P

ada tahun 1975, Portugal telah menyerah pada koloni itu, dan kerusuhan sipil marak, yang memungkinkan Timor Leste melepaskan diri dari Portugal.

1964

NASA meluncurkan wahana antariksa Mariner 4 dalam misi ke Mars.

1958

Rudal SM-65 Atlas AS menyelesaikan peluncuran rudal balistik antarbenua pertama yang sukses.

Rudal SM-65 Atlas sudah dikerahkan untuk penggunaan operasional penuh dalam waktu satu tahun. Pada tahun 1965, mereka sudah diberi tanggal dan diganti dengan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang lebih baru dan berteknologi lebih tinggi. Ini hanyalah yang pertama dari banyak rudal Atlas, dengan varian yang lebih baru masih digunakan sampai sekarang.

1929

Penjelajah Richard E. Byrd menjadi orang pertama yang terbang di atas Kutub Selatan.

1920

Tentara Republik Irlandia (IRA) menyergap tentara Inggris di dekat Kilmichael di County Cork. IRA berhasil membunuh 17 personel Inggris.

1919

Lady Nancy Astor menjadi wanita pertama yang menjadi anggota British House of Commons. Dia terpilih dengan mayoritas besar, menggantikan suaminya Waldorf Astor, yang pindah ke House of Lords.

1908

Tambang Batu Bara Marianna di Pennsylvania meledak dan menewaskan 154 orang.

1895

Chicago Times-Herald mensponsori balapan mobil pertama di Amerika Serikat, dengan mobil pemenang melaju rata-rata 7 mil per jam.

1893

Perempuan memberikan suara dalam pemilihan umum untuk pertama kalinya di Selandia Baru.

1843

Inggris dan Prancis secara resmi mengakui kemerdekaan Hawaii. Sekarang dirayakan setiap tahun sebagai Hari Kemerdekaan negara bagian.

1814

The Times of London pertama kali dikeluarkan.

1720

Bajak laut wanita Anne Bonny dan Mary Read dinyatakan bersalah atas pembajakan. Keduanya dijatuhi hukuman mati tetapi selamat karena kemudian diketahui bahwa mereka berdua hamil.

1520

Navigator Ferdinand Magellan memulai penjelajahannya di Samudra Pasifik.

Baca Juga: Kisah Menara Eiffel yang Tak Banyak Diketahui Orang

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 28 November.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...