Tanamkan Jiwa Cinta Alam, PHR Bersama RSF Bina Generasi Muda Sejak Usia Dini

Senin, 28 November 2022 | 15:55 WIB
Foto bersama peserta yang terdiri dari para siswa dari Sekolah Alam Duri dan TK Bunda Karya pada kegiatan bertema Conservation Goes to School yang dilaksanakan PHR bersama RSF di Duri, Kabupaten Bengkalis, Sabtu 26 November 2022. Foto bersama peserta yang terdiri dari para siswa dari Sekolah Alam Duri dan TK Bunda Karya pada kegiatan bertema Conservation Goes to School yang dilaksanakan PHR bersama RSF di Duri, Kabupaten Bengkalis, Sabtu 26 November 2022.

RIAU24.COM - DURI, 26 November 2022 – Sebagai wujud komitmen dalam pelestarian alam dan habitat Gajah Sumatera, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Rimba Satwa Foundation (RSF) mengajak siswa-siswi tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar untuk mengenal dan peduli terhadap lingkungan, dalam Acara tersebut sekaligus penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia 2022. Kegiatan bertema Conservation Goes to School itu dilaksanakan di sebuah sekolah alam di kawasan Balairaja, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Sabtu (26/11/2022). 

Dalam kegiatan tersebut, PHR juga menghadirkan para perupa yang terdiri dari kartunis dan pelukis dari Galeri Hang Nadim. Anak-anak yang berasal dari Sekolah Alam Duri dan TK Bunda Karya itu diajakarkan melukis gajah, menanam pohon serta berkeliling hutan untuk melihat secara langsung habitat alaminya.


Peserta memamerkan hasil karya melukis satwa pada kegiatan bertema Conservation Goes to School yang dilaksanakan PHR bersama RSF di Duri, Kabupaten Bengkalis, Sabtu 26 November 2022.

Sr Analyst Social Performance PHR, Delly Paramita menjelaskan, bahwa program Conservation Goes to School adalah salah satu upaya PHR membantu pemerintah untuk melestarikan lingkungan. “Kesadaran untuk berbagi pola ruang dengan gajah harus dikenalkan sejak dini dengan cara yang menyenangkan”, ujar Delly.  

Delly menambahkan bahwa selain tugas utama mengamankan kebutuhan energi nasional, PHR turut memusatkan perhatian pada sisi lingkungan dengan fokus pada upaya perlindungan, konservasi keanekaragaman hayati, serta peningkatan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan lingkungan. Beberapa program yang kini tengah berjalan antara lain penguatan kelompok Bank Sampah, Program Kampung Iklim (PROKLIM), Konservasi Mangrove, serta Desa Energi Berdikari melalui pembangunan beberapa unit reaktor biogas dengan pemanfaatan kotoran sapi.


Para peserta diajarkan melukis satwa dalam kegiatan Conservation Goes to School yang dilaksanakan PHR bersama RSS di Duri, Kabupaten Bengkalis, Sabtu 26 November 2022.

Direktur RSF, Zulhusni Syukri, mengatakan bahwa dengan mengenal gajah dan habitatnya sejak dini, anak-anak akan lebih mencintai lingkungannya. “Kelak kami berharap mereka menjadi bagian dari upaya pelestarian lingkungan”, ujar Husni. 

Program Conservation Goes to School bersama RSF merupakan salah satu rangkaian program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR yang berfokus di bidang lingkungan. Baru-baru ini, program Konservasi Gajah itu meraih Gold Award pada pagelaran Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2022.

PenulisR24/wonja


Loading...
Loading...