SMAN Plus Tak Lulus Akreditasi, Ade Hartati Minta Disdik Dievaluasi Menyeluruh

Senin, 16 Januari 2023 | 16:22 WIB
Ade Hartati Ade Hartati

RIAU24.COM - Sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Riau tidak lulus akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN SM) termasuk SMAN Plus Provinsi Riau. 

Baca Juga: Sugeng Pranoto Minta Pembangunan Tol Pekanbaru - Padang Terus Dilanjutkan
 

Anggota komisi V DPRD Riau, Ade Hartati mengatakan gagalnya automasi akreditasi sekolah ini tidak bisa dilimpahkan sepenuhnya kepada sekolah, ia mengatakan Dinas Pendidikan Provinsi Riau juga harus bertanggungjawab karena lalai melakukan pendampingan. 

"Pendampingan itu tidak dilakukan oleh Dinas Pendidikan, pembinaan oleh BAN SM juga tidak dilakukan, mereka hanya bertitik tumpu pada penilaian online akreditasi 

Ia juga menyebut adanya rencana evaluasi kepala sekolah yang tak lulus akreditasi seperti disebutkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Riau, M Job Kurniawan tidak tepat. Ia menyebut, Disdik juga perlu dievaluasi. 

"Evaluasi menyeluruh lah, tidak hanya kepala sekolah, Dinas Pendidikannya dulu dievaluasi terutama kabidnya yang bertanggung jawab," tegas Ade. 

Tak hanya itu, ia juga menyayangkan BAN SM yang tidak melakukan visitasi ke SMAN Plus dan hanya mengandalkan sistem online saja. 

Menurutnya tidak logis jika SMAN Plus yang sebelumnya terkategori A langsung dinyatakan tak terakreditasi. 

"Ini tidak murni kesalahan sekolah, tetapi ada kecerobohan BAN SM Riau Apa mungkin SMAN Plus tidak terakreditasi sementara sekolah swasta di daerah saja lolos," paparnya. 

Baca Juga: Fraksi PKS DPRD Riau Tolak Kenaikkan Biaya Haji

Menurutnya, BAN SM tidak bekerja maksimal, jika SMAN Plus tidak melengkapi sistem online dan terindikasi ada perubahan nilai akreditasi seharusnya dilakukan visitasi. 

"Kalau sistem online, jika nilainya tidak ada perubahan maka akreditasinya sama dengan tahun lalu, kalau ada perubahan tentu harus ada visitasi," tutup Ade. 

Selain SMAN Plus, 8 sekolah SMA/SMK negeri juga tak lulus akreditasi secara automasi: 

1. SMA Plus Riau 
2. SMAN 3 Tapung Kampar 
3. SMAN 1 Batu Hampar Rokan Hilir 
4. SMKN 1 Reteh Indragiri Hilir 
5. SMKN 1 Tembilahan Hulu 
6. SMKN 1 Merbau Kepulauan Meranti
7. SMKN 1 Kuala Kampar Pelalawan
8. SMKN 1 Pangkalan Kerinci Pelalawan
9. SMKN Petanian Terpadu Pekanbaru

PenulisR24/riko


Loading...

Terpopuler

Loading...