Survei: Jelang Pemilu 2024, Duet Airlangga-Moeldoko Makin Mentereng

Selasa, 17 Januari 2023 | 09:40 WIB
Duat Airlangga-Moeldoko berada di puncak dalam survei terbaru Pilpres 2024 / Duat Airlangga-Moeldoko berada di puncak dalam survei terbaru Pilpres 2024 /

RIAU24.COM - Hasil survei terbaru mengenai sosok Capres dan cawapres 2024 yang dilakukan Citra Network Nasional memperlihatkan duet pasangan Airlangga Hartarto-Moeldoko berada di puncak.

Baca Juga: KPU Riau Tetapkan 34 Bacalon DPD Yang Memenuhi Syarat Dukungan

Diketahui, survei dilakukan periode 27 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023.

Muhammad Dandy selaku Direktur Eksekutif Citra Network Nasional, mengatakan dari simulasi tokoh bakal capres dengan pasangan bakal cawapres yang diusung KIB, PDIP, Gerindra-PKB, dan Nasdem-PKS-Demokrat, jika pilpres digelar hari ini pasangan Airlangga Hartarto- Moeldoko meraih 30,2 persen.

Sementara simulasi pasangan capres-cawapres dengan komposisi Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil dipilih sebanyak 27,6 persen, Prabowo Subianto-Khofifah Indar Parawansa 27,3 persen, Ganjar Pranowo-Puan Maharani 23,7 persen, dan pasangan Anies Baswedan-Ahmad Heryawan dipilih sebanyak 14,7 persen. Yang tidak memilih sebanyak 6,7 persen.

Lalu pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar 22,2 persen, Puan Maharani-Ganjar Pranowo 21,2 persen, Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhono 12,6 persen, dan tidak memilih sebanyak 13,8 persen.

Selain itu, dengan simulasi tiga pasang capres -cawapres dari inner circle Jokowi, pasangan tokoh militer-sipil dan ditanyakan kepada responden untuk memilih jika pilpres digelar hari ini, maka pasangan Airlangga Hartarto-Muldoko memiliki tingkat keterpilihan tertinggi, yakni dipilih sebanyak 36,8 persen.

Kemudian pasangan Ganjar Pranowo-Andika Perkasa dipilih sebanyak 30,7 persen, dan Prabowo Subianto-Erick Thohir dipilih sebanyak 19,6 persen, serta tidak memilih sebanyak 12,9 persen.

Menanggapi hasil survei ini, pengamat politik Universitas Mulawarman (Unmul) Budiman menilai, unggulnya Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024 sebuah hal yang wajar.

Pasalnya Ketua Umum Golkar itu telah melakukan langkah nyata melalui kinerjanya sebagai Menko Perekonomian dalam mengatasi perekonomian di tengah pandemi Covid 19.

Budiman melihat duet Airlangga-Moeldoko sebagai capres-cawapres 2024 memberikan peluang besar untuk menang. Sebab keduanya memiliki peran masing-masing untuk mendapat dukungan dari masyarakat.

"Duet Airlangga-Moeldoko dari kalangan sipil-militer yang diinginkan masyarakat sebagai capres-cawapres 2024," ucap Budiman.

Menurut dia, pengalaman Moeldoko sebagai mantan Panglima TNI dan Kepala Staf Kepresidenan saat ini sangat membantu Airlangga dalam memperkuat milter.

Baca Juga: Partai Mati-matian Dukung Ketum Soal Gubernur Tak Lagi Dipilih Rakyat

Sekedar informasi, pengambilan sample menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sample 2.200 warga negara Indonesia yang sudah berusia di atas 17 tahun dan tersebar di 34 provinsi. Hasil survei ini memiliki margin of error +/- 2.08 dengan confidence level 95 persen.

(***)

PenulisR24/tya


Loading...
Loading...