Spider-Man No Way Home Tersalip, Avatar 2 Jadi Film Terlaris ke-6 Sepanjang Masa

Kamis, 19 Januari 2023 | 09:11 WIB
Avatar 2 Avatar 2

RIAU24.COM Avatar 2 atau Avatar: The Way of Water terus memanjat tangga box office dunia. Film garapan James Cameron itu bahkan kini sudah menduduki peringkat enam di daftar film terlaris sepanjang masa.

Sekuel film yang baru hadir 13 tahun sejak film pertamanya itu berhasil menyalip Spider-Man: No Way Home sebagai film terlaris keenam sepanjang masa. Avatar 2 juga sukses melampaui pendapatan Top Gun: Maverick yang merupakan film paling laris di tahun 2022.

Film yang dibintangi oleh Zoe Saldana itu pun sukses mengungguli pendapatan dari tiga film Marvel Cinematic Universe (MCU) yang tayang tahun lalu, yakin Doctor Strange 2, Black Panther 2, dan Thor: Love and Thunder. Padahal, film-film selalu meraja di tangga box office dunia.

Baca Juga: Buntut Kantor Arema FC Dirusak, Begini Klarifikasi Singo Edan

Seperti diberitakan Variety pada Rabu (18/1), Avatar 2 kini telah mengumpulkan US$1,928 miliar dari box office global atau sekitar Rp29,1 triliun (US$1=Rp15.126,50).

Pendapatan itu membuat film terbaru James Cameron menyalip Spider-Man: No Way Home, film yang mengumpulkan US$1,91 miliar ketika tayang di tengah Covid-19 masih masif di dunia.

Sejauh ini, Avatar: The Way of Water telah menghasilkan US$574 juta di Amerika Utara dan US$1,35 miliar dari box office internasional kurang dari enam pekan penayangan di bioskop.

Penghasilan internasional film tersebut tercatat mengesankan karena tidak termasuk pemutaran di Rusia, negara yang sebelumnya memberikan pemasukan US$100 juta untuk film pertamanya.

Performa Avatar: The Way of Water di Jepang juga tak sesuai ekspektasi. Sekitar dua pekan penayangan, film itu belum bisa menguasai box office atau menyalip film lokal, anime The First Slam Dunk.

Baca Juga: Penyebab Glenn Alinskie Dirawat di Rumah Sakit saat Imlek

Namun, Avatar 2 berhasil mengamankan layar di China, salah satu pasar film terbesar di dunia, dan mengumpulkan US$217 juta, disusul dengan box office Prancis (US$123 juta), Jerman (US$108 juta) dan Korea (US$93,6 juta).

Kini, tantangan selanjutnya bagi Avatar 2 adalah US$2 miliar yang jadi tolok ukur hampir mustahil diraih sejak pandemi Covid-19.

Angka itu pula yang sepanjang sejarah hanya dilewati lima film. Tiga teratas ada Avatar (US$2,9 miliar), Avengers: Endgame (US$2,79 miliar) dan Titanic (US$2,2 miliar).

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...