Teror Hewan Buas Di Siak, Sosok Macan Tutul Tertangkap Kamera CCTV

Jumat, 20 Januari 2023 | 13:57 WIB
Teror Hewan Buas Di Siak, Sosok Macan Tutul Tertangkap Kamera CCTV Teror Hewan Buas Di Siak, Sosok Macan Tutul Tertangkap Kamera CCTV

RIAU24.COM - SIAK- Warga Kecamatan Siak masih di bayang bayangi dengan adanya teror hewan buas yang berkeliaran di pemukiman warga,  dengan penampakan jejak kaki hewan diduga Harimau yang masuk ke pemukiman padat penduduk di sekitaran kota.

Jejak kaki itu pertama kali ditemukan sejak Senin lalu (16/1/2023) oleh seorang warga yang tinggal di pinggiran Sungai Siak, tepatnya di RT 06/RW 02 Kampung Suak Lanjut, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau.

Atas kejadian itu, pihak pemerintah kampung setempat melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian, camat dan Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau untuk segera menelusuri dan menyelidikinya.

Camat Siak, Andi Putra ketika dikonfirmasi menyampaikan sejak ditemukannya jejak kaki hewan tersebut, pihak BBKSDA sudah turun langsung ke lokasi dan memasang kamera jebak (camera trap) untuk mengetahui sosok dari pemilik jejak kaki tersebut.

"Dari hasil CCTV (kamera jebak) BBKSDA itu Macan Tutul, semalam nampak, itu sudah mau ditangkap,"ujarnya.

Meski begitu, Andi meminta kepada warga untuk tetap waspada, hindari keluar malam ke arah hutan dan semak agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

"Tetap waspada dan hati-hati walaupun itu Macan Tutul. Tunggu sampai hewan itu diamankan tim BBKSDA sehingga kondisi benar-benar clear," katanya.

Sementara itu, Kepala BBKSDA Riau Genman Suhefti Hasibuan membenarkan adanya laporan temuan jejak kaki yang diduga Harimau Sumatera di belakang pemukiman masyarakat padat penduduk.

Tim Resort Siak BBKSDA Riau telah berkoordinasi dengan Penghulu Kampung Suak Lanjut dan pihak kepolisian melakukan peninjauan.

Dari hasil observasi tim di lapangan, jejak yang ditemukan berukuran panjang 13 cm dan lebar 11 cm. Dan dari hasil rekaman kamera jebak tertangkap adanya aktifitas hewan mirip macan berukuran sedang berkeliaran di sekitar pinggiran sungai belakang rumah-rumah warga.(Lin)

PenulisR24/lin


Loading...

Terpopuler

Loading...