AS Bantah Laporan Media Pemerintah Iran yang Menyebutkan Telah Menyetujui Pertukaran Tahanan

Senin, 03 Mei 2021 | 10:23 WIB
Foto : BBC.com Foto : BBC.com

RIAU24.COM -  Amerika Serikat membantah laporan bahwa kesepakatan telah dicapai antara Teheran dan Washington terkait pertukaran tahanan dan Teheran menerima miliaran dolar.

Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya dikutip oleh TV pemerintah Iran mengatakan sebelumnya pada hari Minggu bahwa kesepakatan yang dibuat antara AS dan Teheran melibatkan pertukaran tahanan dengan imbalan pelepasan USD 7 miliar kepada Iran, tidaklah benar.

Laporan TV pemerintah mengatakan, mengutip pejabat Iran yang tidak disebutkan namanya itu, membenarkan jika warga negara Inggris-Iran Nazanin Zaghari-Ratcliffe akan dibebaskan setelah Inggris melunasi hutang peralatan militer kepada Teheran.

Namun, pejabat Kantor Luar Negeri Inggris mengabaikan laporan itu.

TV pemerintah Iran mengatakan: "Amerika bersedia untuk membayar USD 7 miliar dan menukar empat orang tahanan Iran yang telah menjalani hukuman karena terbukti menjadi mata-mata Amerika." 

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price segera membantah laporan TV pemerintah Iran. "Laporan yang menyebutkan jika kesepakatan pertukaran tahanan telah tercapai, tidaklah benar," kata Price.

Baca Juga: Tokoh-tokoh Yang Serukan Solidaritas Terhadap Palestina

“Seperti yang telah kami katakan, kami selalu mengangkat kasus orang Amerika yang ditahan atau hilang di Iran. Kami tidak akan berhenti sampai kami dapat menyatukan kembali mereka dengan keluarga mereka. "

Kepala staf Biden Ron Klain juga membantah laporan tersebut mengatakan kepada CBS's Face the Nation bahwa "sayangnya laporan itu tidak benar. Tidak ada kesepakatan untuk membebaskan keempat orang Amerika ini. Kami bekerja sangat keras untuk membebaskan mereka," kata Klain.

"Kami membicarakan ini dengan Iran dan lawan bicara kami sepanjang waktu, tetapi sejauh ini belum ada kesepakatan."

Utusan Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Majid Takht Ravanchi, mengatakan pada hari Minggu bahwa laporan itu tidak dapat dikonfirmasi, menambahkan bahwa Teheran selalu menyerukan pertukaran tahanan penuh dengan Washington.

Teheran menahan empat orang Amerika di penjara. Mereka termasuk Baquer dan Siamak Namazi, pemerhati lingkungan Morad Tahbaz, dan pengusaha Iran-Amerika Emad Shargi.

Laporan televisi pemerintah Iran datang di tengah perebutan kekuasaan yang lebih luas antara kelompok garis keras dan pemerintah Presiden Iran Hassan Rouhani yang relatif moderat. Konflik itu hanya tumbuh lebih tajam ketika Iran mendekati pemilihan presiden 18 Juni. Siaran yang telah lama dikendalikan oleh kelompok garis keras telah menayangkan laporan yang bersumber secara anonim yang bertentangan dengan para diplomat di Wina yang mencoba merundingkan kembali ke kesepakatan nuklirnya dengan kekuatan dunia.

Tidak jelas apakah laporan tersebut mewakili cara lain untuk mengganggu negosiasi oleh pejabat Rouhani atau menyabotase negosiasi potensial dengan Barat atas dana yang dibekukan dan pertukaran tahanan.

Baca Juga: Intelijen Ungkap Peran Iran Dalam Tingkatkan Kemampuan Rudal Hamas Dalam Menaklukkan Iron Dome Israel

Televisi pemerintah Iran juga mengutip pejabat itu yang mengatakan kesepakatan telah dicapai bagi Inggris untuk membayar 400 juta pound ($ 553 juta) untuk melihat pembebasan Zaghari-Ratcliffe. Pejabat Inggris meremehkan laporan itu. Kantor Luar Negeri mengatakan negara itu terus "mencari opsi untuk menyelesaikan kasus berusia 40 tahun ini dan kami tidak akan berkomentar lebih lanjut karena diskusi hukum sedang berlangsung".

Pekan lalu, Zaghari-Ratcliffe dijatuhi hukuman satu tahun penjara tambahan, kata pengacaranya, dengan tuduhan menyebarkan "propaganda melawan sistem" karena berpartisipasi dalam protes di depan kedutaan besar Iran di London pada 2009.

Itu terjadi setelah dia menyelesaikan hukuman penjara lima tahun di Iran setelah dihukum karena merencanakan penggulingan pemerintah Iran, tuduhan yang dia, pendukungnya, dan kelompok hak asasi membantahnya.

Saat bekerja di Thomson Reuters Foundation, badan amal dari kantor berita, Zaghari-Ratcliffe ditahan di bandara Teheran pada April 2016 saat dia pulang ke Inggris setelah mengunjungi keluarga.

Richard Ratcliffe, suami dari Zaghari-Ratcliffe, mengatakan kepada kantor berita The Associated Press bahwa dia tidak mengetahui adanya pertukaran dalam pekerjaan tersebut. Kami belum mendengar apa-apa, katanya. “Tentu saja kami mungkin tidak akan melakukannya, tetapi insting saya adalah untuk bersikap skeptis saat ini.”

Sebelumnya pada hari Minggu, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan kepada BBC bahwa dia yakin Zaghari-Ratcliffe ditahan "secara tidak sah" oleh Iran dengan cara yang sama dengan "penyiksaan".

“Saya pikir dia telah diperlakukan dengan cara yang paling kejam dan berliku-liku. Saya pikir itu menyiksa cara dia diperlakukan dan ada kewajiban yang sangat jelas dan tegas pada Iran untuk membebaskannya dan semua orang yang ditahan sebagai pengaruh segera dan tanpa syarat," ” kata Raab.

Pekan lalu, juru bicara kabinet Ali Rabiei mengisyaratkan bahwa pertukaran tahanan antara Iran dan AS mungkin sedang dikerjakan, dengan mengatakan gagasan itu "selalu ada dalam agenda" dan mencatat bahwa pengadilan telah mengkonfirmasi "kesiapannya".

Pernyataannya menyusul juru bicara kementerian luar negeri yang menyarankan Teheran berharap untuk melakukan pertukaran tahanan yang substansial sebagai bagian dari negosiasi yang sedang berlangsung di Wina. Pertukaran serupa menyertai kesepakatan nuklir 2015 dengan kekuatan dunia.

Teheran sekarang sedang bernegosiasi dengan kekuatan dunia tentangnya dan AS untuk kembali ke kesepakatan nuklir 2015, yang membatasi pengayaan uraniumnya dengan imbalan pencabutan sanksi ekonomi. Ketika negosiasi berlanjut, negosiator Iran di sana telah memberikan komentar yang menggembirakan, sementara TV pemerintah mengutip sumber anonim yang menyerang posisi maksimalis.

Itu bahkan membuat Abbas Araghchi, wakil menteri luar negeri Iran memimpin pembicaraan, menawarkan teguran di Twitter minggu lalu kepada televisi pemerintah Iran yang berbahasa Inggris, Press TV.

"Saya tidak tahu siapa 'sumber informasi' Press TV di Wina, tapi dia jelas tidak 'diinformasikan',” tulis Araghchi.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...